SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Tes Keterampilan Bermain Bolabasket Untuk Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Sekolah Menengah Kejuruan di Kota BlitarPengembangan Tes Keterampilan Bermain Bolabasket Untuk Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Sekolah Menengah

RAGIL RAMANA SUNDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Sunda, Ragil Ramana. 2014. Pengembangan Tes Keterampilan Bermain Bolabasket Untuk Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes., (II)  Drs. Lokananta THW, M.Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, tes keterampilan bermain bolabasket, reliabilitas

Hasil pengumpulan data analisis kebutuhan yang diberikan pada pelatih atau guru ekstrakurikuler bolabasket sekolah menengah kejuruan di kota Blitar menunjukkan bahwa dari seluruh pelatih atau guru 80% menggunakan tes keterampilan yaitu terdiri dari shooting, dribble, dan lay up shoot. Tes keterampilan yang digunakan 100% tidak memiliki validitas dan reliabilitas. Selain itu, 100% dari keseluruhan pelatih atau guru ekstrakurikuler menjawab serangkaian tes adalah model tes yang paling efisien.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes keterampilan bermain bolabasket pada peserta putra dan putri kegiatan ekstrakurikuler bolabasket sekolah menengah kejuruan yang mempunyai reliabilitas.

Pengembangan tes keterampilan bermain bolabasket ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dari Borg and Gallyang dimodifikasi dengan prosedur pengembangan oleh peneliti sebagai berikut: (1) analisis produk: observasi lapangan, penyebaran angket, dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal, (3) evaluasi ahli bolabasket, (4) revisi produk (5) uji coba kelompok kecil (6) uji kelompok besar, (7) produk akhir. Dalam pengembangan produk awal peneliti menggunakan langkah – langkah pembuatan tes keterampilan olahraga dari Scott, Gladys dan French yang terdiri dari (1) Menganalisis teknik-teknik keterampilan cabang olahraga yang akan diukur dan dijadikan butir tes eksperimen. (2) Membuat tes keterampilan eksperimen. (3) Menentukan orang coba. (4) Mengumpulkan data tes eksperimen (5) Menentukan reliabilitas tes eksperimen, reliabilitas tes diperoleh dengan cara tes dan tes ulang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen tesuntuk memperoleh data keterampilan bolabasket, yaitu tes keterampilan bermain bolabasket untuk putra dan putri sekolah menengah kejuruan. Subyek penelitian ini adalah peserta kegiatan ekstrakurikuler bolabasket berjumlah 50 putra dan 50 putri. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment.

Hasil pengembangan tes keterampilan bermain bolabasket untuk siswa sekolah menengah kejuruan di kota Blitar, pada testi putri diperoleh koefisien reliabilitas 0,914 (Excellent). Pada testi putra koefisien reliabilitas tes 0,802 (High). Hasil tersebut merupakan koefisien reliabilitas tes keterampilan bermain bolabasket untuk siswa sekolah menengah kejuruan.Reliabilitas tes diperoleh dengan cara tes dan tes ulang. Untuk validitas tes belum diketahui. Dengan adanya tes ini diharapkan bisa membantu pelatih dalam kegiatan evaluasi perkembangan peserta ekstrakurikuler bolabasket serta dalam pengambilan nilai untuk kegiatan laporan penilaian.