SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI PERAN ORANG TUA DILIHAT DARI PRESTASI RENANG GAYA BEBAS 20 METER PADA PESERTA USIA 6-10 TAHUN DI KLUB TAMAN HARAPAN KOTA MALANG

Dimas Primadana

Abstrak


ABSTRAK

 

Primadana, Dimas. 2014. Studi Peran Orang Tua Dilihat Dari Prestasi Renang Gaya Bebas 20 Meter Pada Peserta Usia 6-10 Tahun Di Klub Taman Harapan Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: peran orang tua, renang, prestasi atlet

Olahraga Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang baik untuk memelihara dan meningkatkan kebugaran jasmani serta peningkatan sumber daya manusia seutuhnya. Peran serta orang tua, peran serta pelatih, peran serta teman atlet agar seorang atlet dapat berprestasi tinggi sangatlah berpengaruh terhadap kemampuan berenang khususnya pada kemampuan fisik motorik anak. Orang tua mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak, karena orang tua merupakan orang yang pertama dan utama dalam membantu mengembangkan potensi diri yang ada pada diri anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dilihat dari prestasi renang gaya bebas 20 meter pada peserta usia 6-10 tahun.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif jenis survei dan  menggunakan analisis korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen non tes berupa angket. Angket mencakup hal-hal yang berkaitan dengan tujuan penelitian yaitu mengetahui peran orang tua dilihat dari prestasi renang gaya bebas 20 meter pada peserta usia 6-10 tahun.

Berdasarkan hasil yang didapatkan menunjukan bahwa peran orang tua sangat berperan untuk meningkatkan prestasi renang gaya bebas. Setelah dilakukan uji korelasi dengan taraf signifikansi 5% dan r hitung 0,521 > r tabel 0,297 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yaitu ada hubungan Peran orang tua dilihat dari prestasi renang gaya bebas 20 meter pada peserta usia 6-10 tahun.

Peran orang tua dilihat dari prestasi renang gaya bebas 20 meter pada peserta usia 6-10 tahun perlu dilakukan, karena orang tua berperan penting dalam kemampuan yang dimiliki anak khususnya pada kemampuan fisik motorik yang berpengaruh pada peserta renang, dari peran orang tua dan prestasi renang gaya bebas 20 meter pada peserta usia 6-10 masing-masing saling mempengaruhi satu dengan lainnya, masing-masing memberikan stimulus dan respon.