SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan FunSwim Pada Renang Gaya Dada Melalui Media Video Bagi Atlet Pemula Club Oscar Kabupaten Malang

AGUS WIJARATNO

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijaratno, Agus. 2014.”Pengembangan Model Latihan FunSwim Pada Renang Gaya Dada Melalui Media Video Bagi Atlet Pemula Club Oscar Kabupaten”Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Febrita Paulina H. S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: “FunSwim”, renang gaya dada

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti kepada pelatih renang dan atlet club Oscar Kabupaten Malang pada tanggal 7-8 Oktober 2013,terungkap bahwa latihan renang gaya dada yang dilakukan belum pernah menggunakan media videodan model latihan FunSwim serta respon atlet terhadapmateri renang gaya dada sangat kurang. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (needassessment) terhadap 29 Atlet, diperoleh hasil 59,48% menjawab kurang menarik untuk materi renang gaya dada. Selain itu pelatih merupakan satu-satunya sumber belajar melakukan latihan.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model latihan FunSwim renang gaya dada. Diharapkan, pengembangan ini dapat memberikan solusi padalatihan renang gaya dada agar atlet lebih antusias dan tertarik untuk melakukan latihan. Penelitian yang dilaksanakan di club renang Oscar Kabupaten Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (researchanddevelopment). Model penelitian dan pengembangan dari penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg andGall yang terdiri dari 10 langkah. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Spesifikasi produk pengembangan model latihan “FunSwim”  dalam latihan renang gaya dada untuk atlet pemulaadalah (1) Latihan pengenalan air, (2) Latihan meluncur, (3) Latihan kaki gaya dada, (4) Latihan lengan gaya dada (5)Latihan pernafasan gaya dada, (6)Latihan koordinasi gaya dada.

Hasil dari justifikasi ahli, kebermanfaatan model latihan sangat dominan karena model latihan FunSwim dapat mempermudah atlet melakukan latihan renang gaya dada, serta dengan adanya video pengembangan latihan FunSwim ini dapat membantu atlet memvisualisasikan gerakan renang gaya dada.Setelah produk pengembangan ini diujicobakan danmendapatkan hasil yaitu produk pengembangan ini mempunyai kemenarikan,model latihan dibuatdalam bentuk permainan, dan penekanan pada teknik, model latihan mudah untuk dilakukan dengan konsep langkah-langkah yang mudah dipahami. Model latihan yang menyenangkan tepat untuk atlet pemula karena diadaptasikan dengan ciri-ciri khusus anak besar.Produk ini dapat digunakan sebagai media belajar mandiri, video ini dapat diputar menggunakan komputer sehingga penggunaannya tidak terbatas ruang dan waktu, serta tidak membutuhkan alat yang sulit didapat.Produk pengembangan ini diharapkan dapat dijadikan referensi pelatihperkumpulan Oscar terkait dalam latihan renang gaya dada.