SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA BERAT BADAN DAN TINGGI BADAN DENGAN KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS 50 METER PADA MAHASISWA PUTRA ILMU KEOLAHRAGAAAN ANGKATAN 2010 OFFERING B UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Dodi Iskandar

Abstrak


ABSTRAK

 

Iskandar, Dodi. 2014. Hubungan Antara Berat Badan dan Tinggi Badan Dengan Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter Pada Mahasiswa Putra Ilmu Keolahragaan Angkatan 2010 Offering B Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci:Berat Badan dan Tinggi Badan, Kecepatan, Renang Gaya Bebas 50 Meter

Olahraga memegang peran sangat penting pada kehidupan manusia. Peranan olahraga tidak bisa di pisahkan dari manusia. Olahraga berperan peting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Dalam upaya menjaga kesehatan dan kebugaran, manusia selalu berupayaberolahraga.Salah satu bentuk olahraga yang bisa menjaga kesehatan adalah renang. Renang merupakan salah atu olahraga yang membutuhkan tubuh yang ideal. Seorang atlit memerlukan truktur tubuhyang ideal untuk menunjang kecepatan.Beberapa struktur dan postur tubuh yang dianggap mempengaruhi kecepatan renang gaya bebas diantaranya adalah berat badan dan tinggi badan,

Penelitian ini meneliti hubungan antara berat dan tinggi badan dengan kecepatan renang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan bahwa berat badan dan tinggi badan memiliki hubungan dengan kecepatan renang gaya bebas 50 meter.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian metode survey dengan teknik tes. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional atau corelational design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Untuk pengumpulan data dalam peneliti ini menggunakan teknik tes danpengukuran. Teknik analisis data dimulai dari pengolahan data, analisis statistik deskriptifdengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas, kemudian dilakukan uji hipotesis, berat badan dengan kecepatan, tinggi badan dengan kecepatan dianalisis dengan korelasi Product Moment Pearson dan korelasi berat badan dan tinggi badan terhadap kecepatan  dianalisis dengan korelasi ganda.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tigakesimpulan dari hasil penelitian sebagai berikut: 1)ada hubungan berat badan terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter, 2) ada hubungan tinggi badan terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter, 3) ada hubungan berat badan dan tinggi badan terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter.

Kepada pelatih dan perenang perlu disadari bahwa berat badan dan tinggi badan merupakan salah satu faktor penunjang kecepatan renang gaya bebas 50 meter, sehingga dalam pemilihan calon atlet dan program latihan renang agar mendapat perhatian tersendiri.