SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Prastyo, E. N., “Survey Pola Hidup Sehat dan Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola di SMA Negeri Lamongan”. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin,

noviyanto eko prastyo

Abstrak


ABSTRAK

Kata kunci: pola hidup sehat, tingkat kebugaran jasmani, ekstrakurikuler, sepakbola

SMA Negeri Lamongan merupakan salah satu sekolah yang mempunyai kegiatan ekstrakurikuler olahraga cabang sepakbola. SMA Negeri Lamongan ini merupakan sekolah unggulan dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler sepakbolanya dibanding SMA lain.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memaparkan atau menggambarkan pola hidup sehat dan tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler SMA Negeri Lamongan.

Populasi dalam metode penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Lamongan yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga cabang sepakbola yang berjumlah 54 siswa. Terdiri dari 18 siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 1 Lamongan, 18 siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 2 Lamongan dan 18 siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 3 Lamongan.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, pernyatakan bahwa pola hidup sehat siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri Lamongan termasuk dalam katagori cukup baik dengan rata-rata persentase 56,36% dan tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri Lamongan termasuk dalam katagori sedang dengan rata-rata hitung 2290,185 meter.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pola hidup sehat siswa ekstakurikuler sepakbola SMA Negeri Lamongan cukup baik dan tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri Lamongan dalam katagori sedang.