SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Beban Latihan Fisik Pemain Sepakbola Di Klub Sepakbola "Goden Boys" Bedali-Lawang Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Gelar Ganda

Zainurid .

Abstrak


ABSTRAK

 

Zainurid. (2001). Analisis Beban Latihan Fisik Pemain Sepakbola Di Klub Sepakbola "Goden Boys" Bedali-Lawang Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Gelar Ganda, jurusan Ilmu Keolahragaan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs, Mahmud Yunus. M.Kes. (II). dr, Rias Gesang Kinanti. M.Kes.

 

 

Kata kunci : Beban Latihan, Latihan Fisik, Sepakbola

Sepakbola merupakan permainan yang sederhana. Kendati demikian sepakbola mebutuhkan teknik, fisik, taktik, dan strategi untuk memenangkan suatu pertandingan yang mana semua komponen tersebut tidak dapat dipisahkan. Dan berdasarkan observasi awal di Klub sepakbola "Golden Boys" Bedali-Lawang Kabupaten Malang, banyak pemain yang tidak hadir dalam latihan fisik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana beban latihan fisik di klub "Golden Boys"  Bedali-Lawang Kabupaten Malang?, dan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis beban latihan fisik pemain di klub "Golden Boys" Bedali-Lawang Kabupaten Malang

. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu memaparkan data yang bersifat kuantitatif berujud angka-angka hasil perhitungan atau pengukuran.secara sistematis, faktual, dan akurat tentang subyek yang terjadi pada masa kini. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen non tes yaitu angket. Teknik analisis data mengunakan uji statistik deskriptip (persentase).

Dari analisis data diketahui dalam menentukan beban latihan seperti volume, intensitas, frekuensi, recovery, rythme latihan di klub "Golden Boys"  yang diberikan pelatih untuk latihan daya tahan dikategorikan baik dengan persentase 84 %. Beban latihan kekuatan yang diberikan pelatih "Golden Boys" dikategorikan kurang baik dengan persentase 54,66%. Beban latihan kecepatan yang diberikan pelatih "Golden Boys" dikategorikan kurang baik dengan persentase 54,3 %. Beban latihan kelincahan yang diberikan pelatih "Golden Boys" dikategorikan cukup dengan persentase 74,66 %. Sedangkan untuk beban latihan kelentukan yang diberikan pelatih "Golden Boys" dikategorikan baik dengan persentase 92,66 %.

Dikarenakan latihan daya tahan, kekuatan, kecepatan, kelincahan, dan kelentukan merupakan suatu komponen latihan fisik yang tidak dapat dipisahkan di dalam sepakbola, maka pelatih di klub "Golden Boys" diharapkan dalam memberikan latihan fisik, harus memperhatikan beban latihan untuk kelima komponen tersebut dengan berpedoman pada teori-teori tentang beban latihan fisik yang ada dibuku-buku kepelatihan. Selain itu pelatih dalam memberikan latihan fisik diharapkan memberikan variasi-variasi latihan, agar pemain tidak merasa bosan sehingga seberat apapun beban latihan yang diberikan tidak membebani pemain dalam melakukan latihan fisik. Begitu juga bagi pemain "Golden Boys" Bedali-Lawang Kabupaten Malang diharapkan hadir dalam setiap latihan fisik, karena kondisi fisik sangat berpengaruh untuk mencapai prestasi yang maksimal.

 

 


Teks Penuh: DOC PDF