SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA MANIPULASI AREA DAN RING SHOOTING FREETHROW BOLABASKET UNTUK SISWA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET SMPN 7 KOTA PROBOLINGGO

PRATHAMA PUTRA HADY WIJAYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Tembakan bebas (shooting freethrow) merupakan suatu kesempatan yang baik dalam permainan bolabasket dalam menghasilkan poin, karena tanpa adanya halangan dan gangguan dari dari lawan untuk melakukannya. Shooting freethrow akan berhasil dilakukan jika komponen ketepatan, ketenangan, rasa percaya diri terpenuhi. Berdasarkan observasi kepada dua guru atau pelatih ekstrakurikuler bolabasket di SMPN 7 Kota Probolinggo bahwa siswa didik ekstrakurikuler bolabasket sekolah tersebut sukar untuk memanfaatkan momentum shooting freethrow. Kendala siswa ekstrakurikuler bolabasket tersebut dikarenakan sarana dan prasarana yang kurang menunjang, sehingga mentalitas dan rasa percaya diri siswa dalam melakukan shooting freethrow semakin berkurang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan media manipulasi area dan ring shooting freethrow bolabasket untuk siswa ekstrakurikuler bolabasket SMPN 7 Kota Probolinggo. Diharapkan nantinya dapat meningkatkan sarana dan prasarana penunjang dalam kegiatan latihan siswa ekstrakurikuler bolabasket.

Metode pengembangan media manipulasi area dan ring shooting freethrow bolabasket untuk siswa ekstrakurikuler di SMPN 7 Kota Probolinggo ini melalui 7 tahapan, yaitu: 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data melalui analisis kebutuhan serta observasi awal. 2) Pembuatan rancangan produk awal. 3) Evaluasi para ahli dengan bantuan 1 ahli dibidang bolabasket dan 1 ahli media dibidang teknik bangunan. 4) Uji coba kelompok kecil. 5) Revisi produk awal. 6) Uji coba kelompok besar dan 7) Hasil akhir produk pengembangan.

Produk yang dihasilkan berupa media alat yang terbuat dari balok kayu yang dapat dibongkar pasang dan memiliki 2 ring yang disusun secara bertingkat, sehingga relatif bersifat praktis serta ekonomis. Media alat latihan merupakan hasil pengembangan dari peneliti. Hasil kevalidan untuk produk media alat ini diperoleh dari uji coba kelompok kecil yang berjumlah 12 siswa sebesar 90,71% dan uji coba kelompok besar yang berjumlah 30 siswa sebesar 86,4% yang semua uji coba tersebut bermakna sangat valid. Saran peneliti adalah sebelum pelatih menggunakan media yang dikembangkan tersebut, sebaiknya memahami terlebih dahulu tata cara perakitan, pembongkaran dan pelaksanaannya agar tidak terjadi kesalahan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk media manipulasi area dan ring shooting freethrow bolabasket untuk siswa ekstrakurikuler bolabasket tersebut dapat diterapkan di klub SMPN 7 Kota Probolinggo.