SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif Pada Siswa Kelas III SD Negeri Bokor Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang

fajar khusnul hakim

Abstrak


ABSTRAK

 

Hakim, Fajar Khusnul. 2014. Pengembangan Permainan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif Pada Siswa Kelas III SD Negeri Bokor Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. H. Agus Gatot S.,M.Kes.

 

Kata Kunci: Permainan, gerak lokomotor,gerak manipulatif

Keterampilan gerak lokomotor dan manipulatif pada anak terbentuk tidak secara tiba-tiba, namun merupakan pembiasaan dari kegiatan anak. Salah satu cara untuk melatih kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif anak dapat digunakan dengan bermain permainan yang mengandung unsur-unsur kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif. Berdasarkan analisis kebutuhan awal dan observasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa SD Kelas III senang melakukan pembelajaran olahraga yang menggunakan permainan. Namun, permainan-permainan yang disusunoleh guru masihkurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh. Oleh sebab itu penelitian ini mengambil fokus permainan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif siswa.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Menurut Borg and Gall (1983:775) terdapat sepuluh langkah.Kesepuluh langkah penelitian dan pengembangan tersebut tidak secara keseluruhan digunakan oleh peneliti.Hal itu dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya dari peneliti.Dalam penelitian dan pengembangan ini, ada tujuh langkah yang akan digunakan antara lain:1)Melakukan penelitian dan pengumpulan data, termasuk observasi lapangan, kajian pustaka, serta analisis kebutuhan. 2)Mengembangkan produk awal. 3)Evaluasi dari ahli 4)Uji coba kelompok kecil. 5)Revisi produk awal 6)Uji coba kelompok besar 7)Revisi produk akhir. Hasil akhir produk pengembangan berupa permainan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif pada siswa kelas III. Pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi.

Hasil dari pengembangan ini adalah 8 Permainan kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif yang di susun dalam bentuk buku panduan. Hasil evaluasi akhir yang diperoleh dari ahli permainan olahraga menyatakan persentase sebesar 75,00%yang berarti produk cukup valid. Hasil evaluasi dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani yaitu guru mata pelajaran pendidikan jasmani menyatakan persentase sebesar 84,17 %yang berarti sangat valid. Hasil evaluasi ahli media menyatakan persentase sebesar 83,33% yang berarti sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil yaitu 12 siswa kelas III menyatakan 82,60 % permainan yang dikembangkan sangat valid. Hasil uji coba kelompok besar yaitu 31 siswa kelas III menyatakan 84,20 % berarti permainan yang dikembangkan sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa 8 permainan olahraga kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif sangat valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani khususnya materi kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif.

Saran-saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi saran pemanfaatan dan saran pengembangan lebih lanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk berupa permainan olahraga ini dikembangkan pada materi lain tidak hanya pada materi keterampilan gerak lokomotor dan manipulatif saja. Saran diseminasi produk ditujukan kepada guru dan instansi pendidikan lain supaya bersedia untuk memanfaatkan produk berupa permainan olahraga ini. Saran pengembangan lebih lanjutya itu untuk peneliti selanjutnya hendaknya dapat menyusun percobaan-percobaan yang berbeda dari yang telah dikembangkan sebelumnya.