SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Akurasi Passing Bawah Bolavoli Untuk Pembinaan Ekstrakurikuler Bolavoli Putri Di SMPN 2 Diwek Jombang

firdaus ahliz zammi sihotang

Abstrak


Abstrak

Permainan bolavoli adalah permainan yang dimainkan dua tim, yang masing–masing tim berjumlah 6 orang pemain. Pada anak SMP teknik paling dasar dalam bolavoli adalah teknikpassing, dikatakan paling dasar karena dalam permainan bolavoli passing memiliki frekuensi paling banyak saat melakukan permainan bolavoli. Tetapi faktanya bebarapa siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMPN 2 Diwek Jombang tidak memiliki kemampuan passing bawah yang baik, khususnya akurasi saat passing. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat menanggulangi hal tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangan model latihan akurasi passing bawah bolavoli untuk pembinaan ekstrakurikuler bolavoli putri di SMPN 2 Diwek Jombang. Diharapkan nantinya dapat meningkatkan semangat berlatih serta menjadi tambahan variasi latihan bagi pelatih saat memberi materi latihan.

Metode Pengembangan model latihan akurasi passing bawah bolavoli untuk pembinaan ekstrakurikuler bolavoli putri di SMPN 2 Diwek Jombang. ini melalui 7 tahap, antara lain: 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data melalui analisis kebutuhan serta observasi awal. 2) Pembuatan rancangan produk awal. 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan 2 ahli dibidang bolavoli dan 1 ahli media. 4) Uji kelompok kecil. 5) Revisi produk awal. 6) Uji kelompok besar dan 7) Hasil akhir produk pengembangan.

Produk yang dihasilkan berupa buku panduan yang berisi model-model latihan akurasi passing bawah bolavoli untuk pembinaan ekstrakurikuler bolavoli putri di SMP. Pola latihan ini berisi 4 pola latihan yang merupakan hasil pengembangan dari peneliti. Produk ini diperoleh dari uji coba kelompok kecil sebesar 74,5% dan uji kelompok besar sebesar 82,1% yang semua uji coba tersebut bermakna valid. Uji coba dilakukan dari siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMPN 2 Diwek Jombang. Saran peneliti adalah sebelum pelatih menerapkan pola latihan, sebaiknya pelatih memahami terlebih dahulu bentuk pola latihan yang terdapat pada produk tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian latihan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk buku panduan model latihan akurasi passing bawah bolavoli untuk pembinaan ekstrakurikuler bolavoli putri dapat diterapkan di SMPN 2 Diwek Jombang.