SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN OLAHRAGA DITINJAU DARI PARTISIPASI MASYARAKAT DI KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN 2013

Yuke Rukandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Rukandi, Yuke. 2013. Perkembangan Pembangunan Olahraga Ditinjau dari Partisipasi Masyarakat di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember tahun 2013. Skripsi. Jurusan Ilmu keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes  (II) dr. Rias Gesang kinanti, M.Kes.

 

Kata Kunci: Partisipasi masyarakat

 

Hakikat yang sebenarnya dari proses pebangunan olahraga tidak terletak pada hal-hal simbolik, melainkan pada aspek lain yang terkait dengan upaya atas segenap potensi daerah dalam mewujudkan arah pembangunan keolahragaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan pembangunan olahraga bila dilihat dari variabel partisipasi masyarakat dengan  subvariabel waktu melakukan, sarana dan prasarana, dan motivasi melakukan di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian deskriptif kuantitatif, rancangan penelitian ini menggunakan teknik survei. Penelitian ini dilaksanakan di tiga Desa di Kecamatan Kalisat, yang meliputi: Desa Ajung, Desa Kalisat, dan Desa Glagahwero. Penentuan wilayah di dasarkan pada Indek Pembangunan Manusia (IPM), dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Populasi dalam penelitian adalah masyarakat dengan usia 2 tahun ke atas, yang dikelompokkan menjadi: anak-anak (2-11 tahun), remaja (11-21 tahun) dan dewasa (21-60 tahun). Sampel penelitian diambil 27 orang pada setiap desa, dengan demikian terdapat 81 orang untuk tiga Desa yang diteliti. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Dokumentasi, (2) Wawancara, (3) Angket. Data yang dikumpulkan berupa data:  Partisipasi masyarakat.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Nilai partisipasi: Masyarakat Desa Ajung 85,18%, Desa Kalisat 48,15%, dan Desa Glagahwero 62,96%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Nilai partisipasi masyarakat Kecamatan Kalisat terhadap kegiatan olahraga dalam kategori sedang dan cukup. Saran untuk peningkatan nilai partisipasi masyarakat lebih perhatikan karena tidak menutup kemungkinan bibit atlet di tingkat nasional dapat di hasilkan dari kecamatan kalisat.