SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Aktivitas Jasmani dan Tingkat Kesegaran Jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Mohammad Helmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Helmi, Mohammad. 2013. Survei Aktivitas Jasmani dan Tingkat Kesegaran Jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M. Kes, (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M. Kes.

 

Kata Kunci: Survei, Aktivitas Jasmani, Tingkat Kesegaran Jasmani.

Rendahnya aktivitas jasmani dapat menjadi faktor dominan terhadap tinggi rendahnya tingkat kesegaran jasmani. Tingkat kesegaran jasmani dapat mempengaruhi motivasi belajar dan prestasi. Maka dari itu harus ada pembinaan kesegaran jasmani  dari usia dini guna menjaga kesegaran jasmani dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Dalam hal ini pemerintah melakukan program untuk membina kesegaran jasmani anak usia dini salah satunya melalui pendidikan jasmani di Sekolah Dasar (SD)  yang ditujukan untuk mencapai tujuan pendidikan melalui aktivitas jasmani. Aktualisasi aktivitas jasmani siswa ada di lingkungan sekolah juga ada di luar sekolah. Kedua komponen aktivitas jasmani dan kesegaran jasmani merupakan dua hal yang saling berkaitan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas jasmani, dan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani pada siswa usia 6-9 tahun di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Metode dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei. Penelitian survei adalah penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya kemudian dideskripsikan, dalam hal ini yang dikumpulkan adalah data aktivitas jasmani dan tingkat kesegaran jasmani. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa yang berusia 6-9 tahun di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan jumlah 56 siswa. Tes yang digunakan untuk aktivitas jasmani yaitu menggunakan interviu terstruktur mengenai aktivitas jasmani di sekolah dan di luar sekolah, sedangkan tes yang digunakan untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 6-9.

Berdasarkan hasil penelitian aktivitas jasmani pada siswa usia 6-9 tahun di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, yang termasuk aktivitas jasmani di dalam sekolah masuk dalam kategori cukup tidak aktif dengan rata-rata nilai aktivitas jasmani 10,6 atau 54%, dan aktivitas jasmani di luar sekolah  masuk dalam kategori sangat aktif dengan rata-rata nilai aktivitas jasmani 5,8 atau 68%. Sedangkan tingkat kesegaran jasmani masuk dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai 14,3 atau 73%.