SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR TEKNIK DASAR LEMPAR LEMBING AWALAN SILANG DENGAN PEMBELAJARAN PAIKEM SISWA KELAS VIII SMPN 1 TONGAS KABUPATEN PROBOLINGGO

Gus Lukman

Abstrak


ABSTRAK

 

Lukman,Gus.2012.Upayameningkatkanbelajarteknikdasarlemparlembingawalansilangdenganpembelajaran PAIKEM siswakelas VIII SMPN I TomgasKabupatenProbolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Drs. Agustomi, M.Pd.

 

Kata Kunci:UpayaMeningkatkan, Pembelajaran, TeknikDasarLemparLembingAwalanSilang, PAIKEM.

Permainan dan olahraga merupakan ruang lingkup dari mata pelajaran pendidikan jasmani untuk Sekolah Menengah Pertama kelasVIII semester genap. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap hasil belajar teknikdasarlemparlembinggayasilang40 siswa kelas VIII A Pemasaran SMPN 1 TongasKab. Probolinggo pada tanggal21 pebruari 2012, diperoleh hasil sebagai berikut:       Di saat awal melempar teknik yang banyak kesalahan mata lembing tidak serong kedepan dan dari data keseluruhan35%, di saat melempar taknik yang banyak salah di saat gerakan silang menyamping tangan tidak lurus, dari data keseluruan gerakan saat melempar 62,5%, kesalahan akhir gerakanteknik yang banyak salah badan tidak condong kedepan, dari data keseluruhan akhir lemparan  75,8%.Oleh karena itu perlu adanya suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik lemparlembinggayasilang kelas VIII SMPN 1 TongasKab. Probolinggo.    Metode penelitian digunakanadalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan 2 siklus, siklus1 dilakukan 3 kali pertemuandansiklus 2dilakukan 2pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII ASMPN 1 TongasKab. Probolinggo.

Hasil penelitian pada siklus 1 mengalami peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Gerakan awalan dari 72% menjadi 97%,gerakansaatmelempar dari 72% menjadi 80%, gerakanakhirmelempar dari 25% menjadi 53%. Pada siklus 2mulaipertemuanke1 sampaipertemuanke 2,gerakanawal 100%,gerakansaatmelempar dari 84,18% menjadi 90%, gerakanakhirmelempar dari 61% menjadi 74,16%. Selain aspek psikomotor hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada aspek kognitif dan afektif.

Berdasarkan hasil penelitian,gerakanawalmelempar, disaatmelempar, danakhirmelempar teknik lemparlembinggayasilang dapat disimpulkan bahwa mengalami peningkatan yang maksimal.Untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pembelajaran teknik lemparlembinggayasilang maka guru dapat menerapkan pembelajaran teknik lemparlembinggayasilang menggunakan media yang dimodifikasi yaitu bambu, talirafia,bola kasti dan bola basket.