SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Atas Bolavoli Menggunakan Metode Bermain pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Rejotangan Kecamatan Rejotangan Kabupaten

Haryo Wahyu Saputro

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputro, Haryo, Wahyu. 2013. Upaya Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Atas Bolavoli Menggunakan Metode Bermain pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Rejotangan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri  Malang.Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata kunci: peningkatan teknik dasar ,passing atas bolavoli, metode bermain.

 Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan passing atas bolavoli siswa kelas VII B di SMP Negeri 1 Rejotangan dikatakan kurang baik karena dari ketiga indikator teknik dasar yang diamati, seperti sikap awal, sikap perkenaan, dan sikap akhir persentase kesalahan masih banyak  terlihat pada sikap awal 34,7%, sikap perkenaan 37,5%, dan sikap akhir 40,9%. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi agar tercapai materi yang disampaikan.

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk meningkatkan keterampilan passing atas maka dengan penerapan metode bermain, agar pembelajaran dapat berhasil dengan baik. Metode bermain yang digunakan adalah (1) permainan bidik point I, (2) permainanbidik point II, (3) permainanbola tinggi, (4) permainan segitiga menghadap jaring, (5) permainan induk ayam dan anak ayam.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing atas bolavoli siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Rejotangan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan metode bermain.Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas VII B dengan jumlah 36 siswaterdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswi perempuan.

Hasil penelitian ini telah terbukti meningkatkan keterampilan  teknik dasar passing atas siswa kelas VII B. Pada siklus I sikap awal dari 34,7% meningkat menjadi 56,7%, sikap perkenaan dari 37,5% meningkat  menjadi48,6%,sikap akhir dari 40,9% meningkat menjadi58,4%, hasil siklus II dari sikap awal dari 34,7% menigkat menjadi71,1%,sikap perkenaan dari 37,5% meningkat menjadi 62,4%,sikap akhir dari 40,9% meningkat menjadi75,9%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan passing atas bolavoli siswa kelas VII B di SMP Negeri1 Rejotangan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani agar dapat menggunakan metode bermain untuk meningkatkan keterampilan passing atas bolavoli.