SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Membuat Alat Tes Penilaian Keterampilan Teknik Pukulan Underhand Forehand Clear Pada Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis Di SMPK Widyatama Batu.

TERRY INDRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Indra, Terry. 2013. Pembuatan Alat Tes Keterampilan Teknik Pukulan Underhand Forehand Clear Pada Peserta Ekstrakurikuler Bulutangkis Di SMPK Widyatama Batu. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: Underhand forehand clear, ekstrakurikuler.

 

Olahraga bulutangkis sangat digemari oleh masyarakat Indonesia tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menginginkan anaknya untuk menjadi atlet bulutangkis nasional sehingga mengikutsertakan anaknya dalam pelatihan – pelatihan di klub-klub bulutangkis ternama. Di Indonesia khususnya di Kota Batu  sudah banyak didirikan persatuan-persatuan atau klub-klub bulutangkis yang diharapkan bisa mencetak pebulutangkis profesional. Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan keterampilan bermain bulutangkis adalah kualitas metode latihan yang dikembangkan oleh pelatih serta sarana dan prasarana penunjang yang lengkap dan sesuai kebutuhan pelatihan.

Tujuan latihan teknik adalah untuk mempertinggi keterampilan gerakan teknik dan memperoleh otomatisasi gerakan teknik dalam suatu cabang olahraga. Semakin baik program latihan dan sarana yang dimiliki suatu klub atau pelatih, maka akan semakin bagus pula kualitas atlet yang akan dihasilkan. Keterampilan dasar merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dipahami dan dikuasai oleh setiap pemain dalam melakukan kegiatan bermain bulutangkis, karena merupakan salah satu pendukung pokok prestasi olahraga.

Tujuan penelitian ini adalah 1) membina dan mengembangkan siswa yang mempunyai bakat dan minat pada olahraga bulutangkis; 2) melatih peserta ekstrakurikuler bulutangkis agar menguasai teknik pukulan underhand forehand clear; 3) menyiapkan dan meningkiatkan prestasi bulutangkis bagi pemula untuk menjadi seorang atlet.

Subyek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMPK Widyatama Batu yang berjumlah 30. Penelitian dimulai pada tanggal 4 Maret-13 April 2013 di lapangan bulutangkis SMPK Widyatama Batu.

Hasil penelitian diperoleh hasil tes dari masing-masing testi kemudian di analisis menggunakan SPSS for windows 16.0 diperoleh koefisien validitas sebesar 0.810. Hasil tes dari masing-masing testi kemudian di analisis menggunakan SPSS for windows 16.0 diperoleh  koefisien reliabilitas sebesar 0.819.

Kesimpulannya pembuatan alat tes keterampilan bulutangkis yang telah dikembangkan peneliti ini valid dan reliabel untuk digunakan sebagai alat ukur tes keterampilan pukulan underhand forehand clear pada peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMPK Widyatama Batu.