SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Pull-Up Terhadap Peningkatan Jarak Lemparan Ke Dalam Pada Permainan Sepakbola di PS Sinar Mas Putra Turen

Fery Prasetyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyawan, Fery. 2013. Pengaruh Latihan Pull-Up Terhadap Peningkatan Jarak Lemparan Ke Dalam Pada Permainan Sepakbola di PS Sinar Mas Putra Turen. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Sepakbola. Latihan Pull-Up, Lemparan ke Dalam.

 

Dalam permainan sepakbola ada banyak cara untuk menciptakan gol. Mulai dari situasi bola mati, seperti dari tendangan bebas, tendangan penjuru, pinalti. Throw-in digunakan untuk memulai pertandingan setelah bola keluar melewati garis samping lapangan, namun throw-in dapat menjadi senjata yang ampuh dalam rencana serangan sebuah tim bila mampu memaksimalkannya. Otot punggung sebagai salah satu faktor untuk membuat lemparan ke dalam pemain sepakbola bisa jauh maka perlu diberi latihan. Latihan tersebut berupa latihan pull-up. Lemparan ke dalam diharapkan bisa mencapai jarak yang jauh sampai di depan gawang atau daerah pinalti, sehingga memudahkan pemain penyerang untuk mencetak gol tanpa bisa diantisipasi pemain bertahan lawan.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh latihan pull-up terhadap peningkatan jarak lemparan ke dalam pada permainan sepakbola di PS Sinar Mas Putra Turen.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimental semu dengan menggunakan rancangan the one group pretest-posttest design. Rancangan penelitian eksperimental semu digunakan untuk mengungkap hubungan sebab-akibat melibatkan satu kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan subyek penelitian sebesar 16 pemain senior PS Sinar Mas Putra Turen. Tes dilakuakan 2 tahap untuk mengetahui pengaruh latihan pull-up terhadap peningkatan jarak lemparan ke dalam, testi melakukan tes awal kemudian diberikan program latihan pull-up selama delapan minggu, lalu dilakukan tes akhir.

Berdasarkam hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t untuk tes awal dan tes akhir lemparan ke dalam terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai t= 2,746 dengan nilai probabilitas (p) sebesar 0,04. Pada derajat kebebasan (df) = 5 dengan nilai t hitung sebesar 2,746 > t tabel sebesar 2,131 (5%) dan nilai probabilitas (p) sebesar 0,04 kurang dari taraf signifikansi (α) = 0,05. Hasil dari penelitian ini telah dapat membuktikan bahwa dengan latihan pull-up selama delapan minggu akan dapat meningkatkan jarak lemparan ke dalam secara signifikan.

Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan latihan pull-up terhadap peningkatan jarak lemparan ke dalam pada permainan sepakbola di PS Sinar Mas Putra Turen. Dan dari hasil penelitian ini penulis menyarankan untuk menggunakan latihan ini sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan melakukan lemparan ke dalam. Diharapkan pihak klub dapat menyediakan sarana dan prasarana penunjang latihan pull-up ini, sehingga atlet dapat melakukan latihan dengan baik.