SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERMAINAN OLAHRAGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR MANIPULATIF SISWA KELAS III SDN ASRIKATON 1 PAKIS KABUPATEN MALANG

DIAN PRAMANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pramana, Dian. 2013. Pengembangan Permainan Olahraga untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Manipulatif Siswa Kelas III SD Negeri Asrikaton 1 Pakis Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. H. Agus Gatot S.,M.Kes.

 

Kata Kunci: Permainan, gerak lokomotor manipulatif,

 

Gerak lokomotor manipulatif merupakan salah satu domain dari keterampilan gerak. Keterampilan gerak lokomotor pada anak terbentuk tidak secara tiba-tiba, namun merupakan  pembiasaan dari kegiatan anak. Salah satu cara untuk melatih gerak lokomotor manipulatif anak dapat digunakan dengan bermain permainan olahraga yang mengandung unsur-unsur gerak lokomotor manipulatif. Dengan bermain permainan olahraga yang bervariatif anak akan senang hati melakukan latihan gerak lokomotor manipulatif. Berdasarkan analisis kebutuhan awal dan observasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa SD Kelas III senang melakukan pembelajaran olahraga yang menggunakan permainan. Namun, permainan-permainan yang disusun oleh guru masih kurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh. Oleh sebab itu penelitian ini mengambil fokus permainan olahraga untuk meningkatkan keterampilan gerak lokomotor siswa.

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa permainan olahraga yang mengandung unsur-unsur gerak lokomotor manipulatif yang layak menurut penilaian yang diberikan oleh para ahli dan telah diujicobakan kepada siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan Research and Development. Langkah-langkah penelitian pengembangan yang digunakan mengacu pada model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Menurut Borg and Gall (1983:775) terdapat sepuluh langkah. Kesepuluh langkah penelitian dan pengembangan tersebut tidak secara keseluruhan digunakan oleh peneliti. Hal itu dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya dari peneliti. Dalam penelitian dan pengembangan ini, ada delapan langkah yang akan digunakan antara lain: 1)Melakukan penelitian dan pengumpulan data, termasuk observasi lapangan, kajian pustaka, serta analisis kebutuhan. 2)Mengembangkan produk awal berupa rancangan produk Pengembangan permainan olahraga untuk meningkat keterampilan gerak lokomotor manipulatif. 3)Evaluasi dari ahli permainan olahraga. 4)Revisi produk awal dari Evaluasi Ahli. 5)Uji coba kelompok kecil. 6)Revisi produk awal yang didasarkan pada evalusi dari ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk memperbaiki produk awal yang dibuat oleh peneliti. 7)Uji coba lapangan (kelompok besar) yang dilakukan dengan melibatkan seluruh siswa yang ada di kelas III. 8)Revisi produk akhir berdasarkan hasil uji coba lapangan (kelompok besar). Hasil akhir produk pengembangan dari hasil revisi produk akhir berupa permainan olahraga untuk meningkatkan keterampilan gerak lokomotor manipulatif pada siswa kelas III. Pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi.

Hasil dari pengembangan ini adalah 10 Permainan olahraga untuk meningkatkan keterampilan gerak lokomotor manipulatif. Hasil evaluasi akhir yang diperoleh dari ahli permainan olahraga yaitu satu orang dosen menyatakan persentase sebesar 75,71% yang artinya permainan sangat valid. Hasil validasi dari ahli pembelajaran pendidikan jasmani yaitu guru mata pelajaran pendidikan jasmani menyatakan persentase sebesar 83,33 % berarti bahwa permainan yang dikembangkan sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil yaitu 12 siswa kelas III menyatakan 87,20 % berarti bahwa permainan yang dikembangkan sangat valid. Hasil uji coba kelompok besar yaitu 25 siswa kelas III menyatakan 86,57 % berarti bahwa permainan yang dikembangkan sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa 10 permainan olahraga untuk meningkatkan ketermapilan gerak lokomotor manipulatif yang dikembangkan sangat valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani khususnya materi gerak lokomotor manipulatif.

Saran-saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi saran pemanfaatan, saran diseminasi, dan saran pengembangan lebih lanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk berupa permainan olahraga ini dikembangkan pada materi lain tidak hanya pada materi keterampilan gerak lokomotor manipulatif saja. Saran diseminasi produk ditujukan kepada guru dan instansi pendidikan lain supaya bersedia untuk memanfaatkan produk berupa permainan olahraga ini. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu untuk peneliti selanjutnya hendaknya dapat menyusun percobaan-percobaan yang berbeda dari yang telah dikembangkan sebelumnya.