SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhLatihan Shooting DenganSasaran Cones TerhadapKetepatanTendangan Penalty PadaPemain SSB MerahPutih Malang

MOCH ABDUL WAHID

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahid, Moch. Abdul. 2013. Pengaruh Latihan Shooting Dengan Sasaran Cones Terhadap Ketepatan Tendangan Penalty Pada Pemain SSB Merah Putih Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mahmuud Yunus, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: latihan shooting dengan sasaran cones, ketepatanten dangan penalty, peningkatan ketepatan tendangan penalty.

 

Dari hasil pengamatan peneliti yang dilakukan di SSB Merah Putih Malang, masih sering di temui pemain-pemain mengalami kesulitan dalam melakukan tendangan penalty dengan baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya latihan shooting yang diberikan sehingga menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan shooting khususnya tendangan penalty. Padahal untuk mencapai keberhasilan dalam suatu pertandingan, tim dituntut untuk memanfaatkan peluang sekecil apapun tidak terkecuali tendangan penalty. Oleh sebab itu sebuah tim dituntut memiliki pemain yang mampu melakukan shooting dengan baik. Untuk itu akan dilakukan penelitian yang berjudul“ Pengaruh Latihan Shooting Dengan Sasaran Cones Terhadap Ketepatan Tendangan Penalty Pada Pemain SSB Merah Putih Malang”.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian latihan shooting dengan sasaran cones terhadap ketepatan tendangan penalty pada pemain SSB Merah Putih Malang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu one-group pretest-posttest design dengan menggunakan langkah-langkah 1) tes awal yaitu tes ketepatan tendangan penalty (pre test) 2) pemberian perlakuan berupa latihan shooting dengan sasaran cones 3) tes akhir yaitu tes ketepatan tendangan penalty (post test). Subyek dalam penelitian ini adalah pemain SSB Merah Putih Malang sebanyak 15 pemain.

Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Hasil uji-t amatan ulang adalah sebesar 4,703 (2) Latihan shooting dengan sasaran cones berpengaruh secara signifikan terhadap ketepatan tendangan penalty karena terdapat perbedaan mean dimana tesakhir senilai 7,93 >tes awal senilai 5,20.

Saran dari hasil penelitian ini adalah: (1) Penelitian ini hedaknya dapat digunakan oleh pelatih, karena memberikan manfaat sebagi bahan rujukan dalam melatih. (2) Diharapkan bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan Program Studi Ilmu Keolahragaan hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini tetapi dengan subyek yang berbeda.