SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VCD POLA LATIHAN MENANGKAP BOLA ATAS UNTUK PENJAGA GAWANG SEPAKBOLA USIA DINI (U9-U12 TAHUN) DI SSB SE-KABUPATEN JEMBER

DONI IRAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Irawan, Doni. 2013. Pengembangan VCD Pola Latihan Menangkap Bola Atas Untuk Penjaga Gawang Sepakbola Usia Dini (U9-U12 Tahun) di Klub SSB Se-Kabupaten Jember. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Mahmud Yunus M.Kes, (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd

 

Kata kunci: Pola Latihan, Penjaga Gawang Usia 9-12 Tahun, SSB Se-Kab. Jember

 

Teknik dasar penjaga gawang sepakbola dalam menangkap bola atas adalah cara menangkap bola yang tepat serta didukung dengan memiliki kelincahan kaki, kelenturan tubuh, kemampuan penempatan posisi dan kemampuan membaca arah bola yang baik. Namun, berdasarkan observasi kepada 5 pelatih SSB di Kabupaten Jember bahwa para penjaga gawang sepakbola usia 9-12 tahun mudah kebobolan dalam bola atas. Kendala penjaga gawang pada setiap SSB dikarenakan sarana dan prasarana yang kurang menunjang serta kurangnya modifikasi latihan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan pola latihan menangkap bola atas untuk penjaga gawang sepakbola usia 9-12 tahun di klub SSB Se-Kabupaten Jember. Diharapkan nantinya dapat meningkatkan semangat berlatih serta menjadi tambahan variasi latihan bagi penjaga gawang.

Metode pengembangan pola latihan menangkap bola atas untuk penjaga gawang sepakbola usia 9-12 tahun di klub SSB Se-Kabupaten Jember ini melalui 7 tahap, antara lain: 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data melalui analisis kebutuhan serta observasi awal. 2) Pembuatan rancangan produk awal. 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan 2 ahli dibidang sepakbola dan 1 ahli media. 4) Uji kelompok kecil. 5) Revisi produk awal. 6) Uji kelompok besar dan 7) Hasil akhir produk pengembangan.

Produk yang dihasilkan berupa VCD yang berisi pola-pola latihan menangkap bola atas untuk penjaga gawang sepakbola usia 9-12 tahun. Pola latihan ini berisi 8 pola latihan yang merupakan hasil pengembangan dari peneliti. Hasil kevalid untuk produk VCD ini diperoleh dari uji coba kelompok kecil sebesar 91,5% dan uji kelompok besar sebesar 91,4% yang semua uji coba tersebut bermakna valid. Uji coba dilakukan dari perwakilan penjaga gawang usia 9-12 tahun dari 5 SSB di Kabupaten Jember. Saran peneliti adalah sebelum pelatih menerapkan pola latihan, sebaiknya pelatih memahami terlebih dahulu bentuk pola latihan yang terdapat pada produk VCD tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian latihan. 

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk VCD pola latihan menangkap bola atas untuk penjaga gawang sepakbola usia 9-12 tahun tersebut dapat diterapkan di klub SSB Se-Kabupaten Jember.