SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Pukulan Servis, Forehand Push dan Backhand Push Tenis Meja dengan Papan Pantul 90° bagi Pemula Peserta Ekstrakurikuler di SMP Plus Al Kautsar Malang

Khamim Yuniar Firmansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmansyah, Khamim Yuniar. 2013. Pengembangan Model Latihan Pukulan Servis, Forehand Push Dan Backhand Push Tenis Meja Dengan Papan Pantul 90° Bagi Pemula Peserta Ekstrakurikuler Di SMP Plus Al Kautsar Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Slamet Raharjo, S.Pd, M.Or, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Model Latihan Tenis Meja, Pemula

 

Pukulan servis dan push merupakan salah satu teknik dasar dalam tenis meja. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan terhadap pelatih dan peserta ekstrakurikuler tenis meja SMP Plus Al Kautsar Malang, model latihan yang digunakan masih berupa teknik dasar dan kurang bervariasi. Maka dari itu perlu adanya model latihan yang bervariasi sehingga membantu dalam proses pembelajaran tenis meja. Maka disusunlah rancangan produk model latihan pukulan servis, forehand push dan backhand push bagi pemula

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat model latihan dalam pembelajaran tenis meja bagi pemula peserta ekstrakurikuler di SMP Plus Al Kautsar Malang agar lebih bervariasi.

Prosedur pengembangan model latihan pukulan servis, forehand push dan backhand push tenis meja dengan papan pantul 90° bagi pemula ini melalui beberapa tahap, antara lain: 1) melakukan penelitian awal analisis kebutuhan (need assessment), 2) melakukan perencanaan pengembangan, 3) mengembangkan produk serta evaluasi ahli, 4) melakukan uji coba kelompok kecil dengan 12 subjek, 5) melakukan revisi produk awal, 6) melakukan uji kelompok besar dengan 30 subjek, 7) melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah angket yang berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Model latihan ini dikembangkan melalui evaluasi dan saran dari para ahli, yaitu satu orang ahli tenis meja, satu orang ahli pelatihan tenis meja, dan dikemas dalam bentuk buku yang dievaluasi oleh satu orang ahli media. Data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata persentase 88,22%, data yang diperoleh dari hasil uji coba kelompok besar mendapatkan rata-rata persentase 81,83%.

Kajian produk yang telah direvisi memiliki kelebihan yaitu produk model latihan telah dievaluasi oleh para ahli tenis meja dan telah diuji cobakan di lapangan. Terdapat beberapa kelemahan yaitu belum ditindak lanjuti ke sekolah-sekolah lain dan dengan subjek yang lebih luas dan lebih besar. Dengan kondisi tersebut terdapat beberapa saran yaitu saran pemanfaatan, diseminasi dan pengembangan produk lebih lanjut.

Dari hasil penelitian tersebut diharapkan pengembangan model latihan pukulan servis, forehand push dan backhand push tenis meja dengan papan pantul 90° bagi pemula ini dapat menambah variasi latihan dalam pembelajaran tenis meja di ekstrakurikuler SMP Plus Al Kautsar Malang.