SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Barrier Hops Terhadap Peningkatan Prestasi Tendangan Lambung Sepakbola Pada Pemain Junior Di Klub Pandu Putra FC Pasirian.

ramly firman toyyibah

Abstrak


ABSTRAK

Firman Toyyibah, Ramly. 2013. Pengaruh Latihan Barrier Hops Terhadap Peningkatan Prestasi Tendangan Lambung Sepakbola Pada Pemain Junior Di Klub Pandu Putra FC Pasirian. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

Kata Kunci: eksperimen, latihan barrier hops, peningkatan prestasi tendangan lambung

Pada saat mengikuti event Liga Remaja Kabupaten Lumajang, kesebelasan Pandu Putra junior tidak mampu lolos dari fase group. Dari hasil pengamatan saat pertandingan, kesalahan para pemain Pandu Putra junior ini cukup mendasar. Mereka kurang mampu melakukan tendangan-tendangan jauh, sehingga mengakibatkan permainan mereka di lapangan sangat monoton, tanpa bisa memindahkan bola sewaktu-waktu ke teman yang berada jauh dari mereka yang memiliki ruang lebih bebas. Dari hasil pengamatan langsung di lapangan ternyata pola latihan yang diterapkan di klub Pandu Putra ini kurang ada penekanan terhadap kekuatan otot kaki.

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh latihan barrier hops terhadap kekuatan otot tungkai yang menimbulkan peningkatan prestasi pada tendangan jauh lambung sepakbola pemain junior usia 16-18 tahun di klub Pandu Putra FC Pasirian.

Prosedur penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Rancangan eksperimen semu ini digunakan pada dua kelompok subjek yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini melalui beberapa tahap, antara lain: 1) tahap persiapan, 2)tahap pelaksanaan, 3) tahap pengolahan data. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan tendangan lambung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemain junior Pandu Putra FC Pasirian usia 16-18 tahun yang berjumlah 20 siswa.

Hasil penghitungan tes awal secara manual uji-t menunjukkan t hitung =0< t tabel 5% = 2,101 dengan derajat kebebasan d.b. N1+N2-2=18. Hasil tes awal tendangan lambung pemain Pandu Putra FC yang berusia 16-18 tahun diperoleh t-hitung sebesar 0,000 untuk nilai Sig (2-tailed) p=1,000 dengan taraf signifikansi α=0,05, menunjukkan bahwa hasil tes awal tendangan lambung tidak memiliki perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p≥α=0,05). Sedangkan hasil penghitungan tes akhir secara manual uji-t menunjukkan t hitung =3,418> t tabel 5% = 2,101 dengan derajat kebebasan d.b. = NI+N2-2= 18. Hasil perlakuan tendangan lambung pemain Pandu Putra FC yang berusia 16-18 tahun berupa latihan barrier hops diperoleh t-hitung sebesar 3,417 untuk nilai Sig (2-tailed) p=0,003 dengan taraf signifikansi α=0,05, menunjukkan bahwa latihan barrier hops menghasilkan perubahan yang signifikan terhadap peningkatan prestasi tendangan lambung (p≤α=0,05).

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa latihan barrier hops memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kekuatan otot tungkai yang mengakibatkan peningkatan prestasi tendangan lambung pada pemain junior Pandu Putra FC Pasirian usia 16-18 tahun.