SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan pembelajaran peraturan permainan sepakbola (1,2,3 dan 4) melalui VCD (vidio compact disc)

yudo mahardi yanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Yudo, Mahardiyanto.2013. Pengembangan pembelajaran Peraturan permainan sepakbola (1,2,3 dan 4) Melalui vcd(video compact Disc) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.Skripsi.Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini,M.Pd (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, pembelajaran, peraturan permainan1,2,3 dan  4, VCD, Sepakbola.

 

Pada Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang terdapat matakuliah T&P Sepakbola 2. Matakuliah tersebut merupakan matakuliah lanjutan setelah menempuh matakuliah T&P sepakbola 1. Didalam matakuliah T&P sepakbola 2 terdapat beberapa materi ajar seperti, teknik dan pola penyerangan, teknik dan pola bertahan,  peraturan pertandingan, peraturan permainan. Berdasarkan observasi dan analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti, Penelitian awal (analisis kebutuhan) menunjukkan bahwa kurang lengkapnya media pembelajaran pada matakuliah T&P sepakbola 2.Media pembelajaran yang pernah di dapatkan responden hanya buku ajar saja dan 100%responden menyatakan memerlukan media pembelajaran peraturan permainan yang berupa video khususnya pada peraturan permainan (1, 2, 3, dan 4).

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan pembelajaran peraturan permainan sepakbola point (1,2,3 dan 4) melalui VCD pada  mahasiswa fakultas ilmu keolahragaan

 

PengembanganPembelajaranPeraturanPermainaninimenggunakanlangkah-langkahpenelitiandanpengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall (1983:775).Pengembanganpembelajaraninimenggunakan7 langkahyaitu: 1). Melakukanpenelitianawal, pengumpulan data,informasitermasukkajianpustakadanobservasilapangan. 2). Mengembangkanprodukawal. 3). Evaluasiahli. 4). Ujicobaprodukawal. 5). Revisiprodukawalsesuaidengankegiatanujicobaprodukawal.6).Ujicobalapangan. 7). Revisiproduksesuaidengankegiatanujicobalapangan.

 

Berdasarkan data yang diperoleh dari analisis hasil uji kelompok kecil diperoleh persentasesebesar 86,2% dan masuk kategori valid. Dan hasil anlisis uji lapangan untuk kelompok besar menyatakan 85,9% danmasukkategori valid sehinggaproduklayakdigunakan.

 

Agar pengembangan pembelajaran peraturan permainan ini dapat digunakan pada sasaran yang lebih luas lagi, maka ada beberapa bagian produk yang perlu direvisi. Hal ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan VCD pembelajaran peraturan permainan (1,2,3 dan 4) yang dikembangkan sehingga beberapa kekurangan dalam proses editing video dapat tercukupi dan perlu ditambahkan keterangan divideo sehingga pesan yang disampaikan jelas.