SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Pola Latihan Game Situasi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Permainan Futsal Di SMP PGRI 6

ibnu abbas fanshuri

Abstrak


ABSTRAK

 

Fanshuri, Ibnu Abbas. 2013. Pengembangan Buku Pola Latihan Game Situasi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Permainan Futsal Di SMP PGRI 6 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes, (II) Drs. Mu’arifin, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, pola latihan game situasi dalam permainan futsal

Futsal adalah suatu permainan dengan menggunakan lapangan relatif lebih kecil dengan permainan yang sangat cepat dan dinamis diikuti dengan aturan yang lebih ketat. Game situasi adalah game yang menyerupai game sebenarnya, akan tetapi dalam game ini areanya diperkecil untuk membaca suatu kondisi dan mempunyai target yang tertentu. Game situasi  merupakan salah satu komponen penting dalam futsal yang harus dilatihkan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas permainan individu maupun team. Kenyataan yang ada di lapangan khususnya pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP PGRI 6  Malang, pola  latihan game situasi  masih belum mendapatkan perhatian secara khusus, sehingga diperlukan pola-pola latihan game situasi yang terprogram.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pola latihan game situasi dalam permainan futsal  di Sekolah SMP PGRI 6 Malang yang dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk  latihan futsal. Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan buku pola latihan game situasi sebagai berikut: 1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi untuk penelitian awal dan analisis kebutuhan terhadap 25 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP PGRI 6 Malang, 2) mengembangkan bentuk produk awal berupa pola latihan game situasi, 3) uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 9 objek, 4) revisi produk pertama (sesuai dengan hasil evaluasi para ahli dan uji coba), 5) kegiatan uji coba kelompok besar (uji lapangan) dengan melibatkan 25 objek, 6) revisi produk akhir (sesuai dari hasil uji lapangan), 7) hasil akhir produk berupa buku panduan pola latihan game situasi pada ektrakurikuler di SMP PGRI 6 Malang.

Dari hasil analisis kebutuhan didapat 88% siswa setuju apabila pola latihan game situasi dikembangkan dan 84% siswa yang setuju apabila pola latihan dikemas dalam bentuk buku panduan. Begitu pula pada analisis kebutuhan yang ditujukan untuk pelatih, bahwa pelatih setuju dan membutuhkan adanya buku panduan pola latihan game situasi sebagai salah satu media pembelajaran dan meningkatkan keterampilan siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler futsal. Buku panduan pola latihan game situasi bertujuan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP PGRI 6 Malang dan dapat membantu mempercepat proses pemahaman siswa juga meningkatkan keterampilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler futsal di SMP PGRI 6 Malang.

Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, Pengembangan Buku Pola Latihan Game Situasi Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Permainan Futsal Di SMP PGRI 6 Malang dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada persatuan futsal yang ada di sekitar tempat pengembangan produk, peneliti sendiri dan peneliti lain untuk dikembangkan ke arah lebih lanjut.