SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Pembelajaran Gerak Dasar Atletik Nomor Lompat Dengan Menggunakan Metode Bermain Yang Berbasis Afektif (Aktif, Kerjasama, Kejujuran, Tanggung Jawab Dan Menghargai Lawan Atau Diri Sendiri) Di Kelas III SDN Karangbendo I Kec Tekung Kab Lu

Khoirul Faizin

Abstrak


ABSTRAK

Kata Kunci: Meningkatkan, Pembelajaran Atletik, Berbasis Afektif, Metode Bermain

Ranah afektif adalah mencakup sifat-sifat psikologis yang menjadi unsur kepribadian yang kukuh. Tidak hanya tentang sikap sebagai kesiapan berbuat yang perlu dikembangkan, tetapi yang lebih penting adalah konsep diri dan komponen kepribadian lainnya seperti emosional dan watak. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa afektif siswa kelas III SDN Karangbendo 1 Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang,belum optimal. Masih banyak siswa yang tidak melikiki sikap afektif yang baik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki siakp-sikap siswa yang belum optimal dan diharapkan bisa meningkatkan keterampilan atletik siswa kelas III SDN Karangbendo 1 Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa III SDN Karangbendo 1 Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dan tes.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui metode bermain mampu memperbaiki ranah afektif siswa dari siklus ke siklus. Dari 0 (0%) siswa yang sangat aktif menjadi 30 (100%) siswa yang sangat aktif dalam pembelajran. Dari 3 (10%) siswa yang mampu bekerja sama dengan sangat baik  menjadi 30 (100%) siswa yang mampu bekerja sama dengan sangat baik. Dari belum ada siswa yang sangat jujur (0%) menjadi 27 (90%) siswa yang sangat jujur. Dari belum ada siswa yang sangat bertanggung jawab (0%) menjadi 24 (80%) siswa yang sangat bertanggung jawab. Dari belum ada siswa yang sangat menghargai lawan dan diri sendiri (0%) menjadi 24 (80%) siswa yang sangat menghargai lawan dan diri sendiri.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan pemberian metode bermain dapat memperbaiki pembelajaran terutama ranah afektif siswa (Aktif, Kerjasama, Kejujuran, Tanggung Jawab Dan Menghargai Lawan Atau Diri Sendiri) Di Kelas III SDN Karangbendo I  Kec Tekung Kab Lumajang.