SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan VCD Latihan Jump Shoot untuk Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket Putra di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar

Tofan Budi Yanto

Abstrak


ABSTRAK

Yanto, Tofan Budi. 2013. Pengembangan VCD Latihan Jump Shoot untuk Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket Putra di SMP Negeri 1 Wlingi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. E. Winarno, M. Pd, (2) Dr. Saichudin, M. Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, media audiovisual, ekstrakurikuler, latihan, bolabasket, shooting.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dengan jumlah instrumen 15 pertanyaan terhadap 16 peserta ekstrakurikuler bolabasket putra di SMP Negeri 1 Wlingi melalui pengisian angket, peneliti memperoleh data sebagai berikut, (1) 62,5% atau 10 dari 16 peserta ekstrakurikuler bolabasket belum menguasai teknik jump shoot bolabasket, (2)  81,25% atau 13 dari 16 peserta ekstrakurikuler bolabasket belum memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam melakukan teknik jump shoot, (3) 100% atau seluruh peserta ekstrakurikuler setuju apabila dilakukan pengembangan latihan jump shoot. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan VCD latihan jump shoot bolabasket pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Wlingi yang dikemas dalam bentuk VCD.

Pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall yang diadaptasi menjadi model-model sederhana sebagai berikut: (1) melakukan pengumpulan data awal melalui analisis kebutuhan terhadap 16 peserta ekstrakurikuler bolabasket putra di SMP Negeri 1 Wlingi, (2) mengembangkan produk awal berupa model latihan jump shoot bolabasket, (3) evaluasi dari 3 ahli, (4) revisi produk pertama sesuai dengan hasil evaluasi dari 3 ahli, (5) kegiatan uji coba kelompok kecil dengan 6 peserta ekstrakurikuler, (6) revisi produk kedua apabila ada masukan atau saran dari uji coba kelompok kecil, (7) uji coba kelompok besar dengan 10 peserta esktrakurikuler, (8) revisi produk akhir apabila ada saran dari uji coba kelompok besar, (9) hasil akhir berupa VCD latihan jump shoot untuk peserta ekstrakurikuler bolabasket putra di SMP Negeri 1 Wlingi.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh hasil 90% dari evaluasi ahli bolabasket dengan kriteria baik sehingga pengembangan VCD latihan jump shoot ini dapat digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 1 Wlingi. Dari evaluasi pelatih bolabasket diperoleh hasil 88,33% dengan kriteria baik.

Dari uji coba kelompok kecil sebanyak 6 peserta ekstrakurikuler diperoleh hasil 86,94% dengan kriteria baik dan dari uji coba kelompok besar sebanyak 10 peserta ekstrakurikuler diperoleh hasil 88,92% dengan kriteria baik. Sehingga pengembangan VCD latihan jump shoot ini dapat digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 1 Wlingi

Hasil pengembangan ini berupa video yang dikemas dalam bentuk VCD pengembangan latihan jump shoot untuk peserta ekstrakurikuler bolabasket putra di SMP Negeri 1 Wlingi.