SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN PENGUASAAN BOLA (BALL POSSESION) DENGAN KEMENGAN DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA (STUDY KASUS LIGA CHAMPIONS DAN EURO LEAGUE 2012-2013)

Fitra Punjung Agung Pramono

Abstrak


ABSTRAK

Pramono, Fitra Punjung Agung. 2013. Hubungan Penguasaan Bola (Ball Possession) dengan Kemenangan dalam Pertandingan Sepakbola (Study Kasus Liga Champions dan Euro League 2012-2013). Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd

 

Kata Kunci: sepakbola, penguasaan bola (ball possession), liga champions, Euro League

Sepakbola adalah permainan beregu yang permainannya memerlukan kerjasama antar anggota regu, sebagai salah satu ciri khas dari permainan sepakbola. Sepakbola telah tumbuh dan berkembang secara pesat. Perkembangan sepakbola diiringi degan banyaknya kejuaraan sepakbola setiap tahunnya. Salah satu kejuaraan yang sering kita lihat adalah liga champions Eropa dan euro league.

Champions league dan euro league merupakan liga terbaik di dunia yang mempertemukan klub-klub dan negara-negara terbaik dari seluruh benua Eropa. Semua berusaha untuk menjadi siapa yang terbaik di benua Eropa. Semua teknik, fisik, mental, dan taktik serta strategi akan di uji dalam kompetinsi ini. Kerjasama merupakan inti dari permainan sepakbola. Sehingga untuk memenangkan pertandingan maka harus menerapkan strategi menyerang dengan unggul dalam penguasaan bola. Ketika sebuah klub unggul dalam penguasaan bola maka bisa menciptakan banyak peluang yang nanti bisa dijadikan gol untuk meraih kemenangan.

Tujuan dari penelitian ini yaitu, apakah unggul dalam penguasaan bola (ball possession) dapat mempengaruhi kemangan pada pertandingan sepakbola dengan melihat rata-rata penguasaan bola yang di miliki tim-tim unggulan yang bertanding pada champions league dan euro league.

Dalam penelitian ini objek yang diambil dari 4 klub dan 4 negara yang menempati unggulan pertama di champions league yaitu Real Madrid, Bayern Munich, Barcelona, Manchester United dan 4 negara yang menempati unggulan pertama di euro league yaitu Jerman, Spanyol, Italia, Perancis. Semuanya akan bertanding pada babak penyisihan grup,  yang nantinya akan dilihat persentase penguasaan bola dan skor akhir.

Analisis data yang dilakukan pada champions league dengan uji deskriptif menunjukan bahwa Real Madrid unggul dalam penguasaan bola sebanyak 8 kali dan 4 kalah dengan rata-rata 52,83% dan mampu meraih 6 kemenangan, 3 seri, 3 kalah. Bayern Munich dalam penguasaan bola unggul sebanyak 9 kali dan 4 kalah dengan rata-rata 54,69% dan mampu meraih 10 kemenangan, 1 seri, 2 kalah. Barcelona dalam penguasaan bola mampu unggul dalam semua pertandingan dengan rata-rata 66,66% dan mampu meraih 5 kemenangan, 3 seri, 4 kalah. Manchester United dalam penguasaan bola unggul sebanyak 4 kali unggul, 2 kalah dengan rata-rata 57,33% dan mampu meraih 4 kemenangan, 2 kalah. Sehingga dari semua klub yang bertanding pada keseluruhan pertandingan dalam penguasaan bola unggul sebanyak 32 kali, dan 12 kali kalah dengan rata-rata 56,68% dan meraih kemenangan 25 kali, 8 kali seri, 12 kali kalah.

Sedangkan analisi data yang dilakukan pada euro league dengan uji deskriptif menunjukkan bahwa negara Jerman unggul dalam penguasaan bola sbanyak 4 kali menang dan 1 kalah dengan rata-rata 56,2% dan mampu meraih 4 kali menang dan 1 kalah. Negara Spanyol dalam penguasaan bola mampu unggul di semua pertandingan dengan rata-rata 59% dan mampu meraih 5 kemenangan dan 1 seri. Negara Italia unggul dalam penguasaan bola sebanyak 3 kali unggul dan 3 kalah dengan rata-rata 51,67% dan mampu meraih 3 kemenangan, 2 seri dan 1 kalah. Negara Perancis unggul dalam penguasaan bola sebanyak 3 kali dan 1 kalah dengan rata-rata 56% dan mampu meraih 1 kali kemenangan, 1 seri dan 2 kalah.

Dari kedua kompetisi yang telah diteliti di atas menunjukkan rata-rata penguasaan bola klub unggulan pertama selama liga champions Eropa sebesar 56,68% dengan pengaruh dominasi 55,55% dan dari penelitian yang kedua menunjukan bahwa rata-rata penguasaan bola klub unggulan pertama selama euro league sebesar 55,75% dengan pengaruh dominasi 61,90% sehingga dari penelitian yang dilakukan pada tim-tim unggulan yang bertanding pada champions league dan euro league menyimpulkan bahwa penguasaaan bola (ball possession) dapat mempengaruhi kemenangan.

Penguasaan bola (ball possession) sangat lah berpengaruh dalam kemenangan dalam sebuah pertandingan dan memberikan banyak keuntungan jika suatu tim bias menguasai suatu pertandingan dengan menguasai bola. Hendaknya penguasaaan bola diterapkan di setiap pertandingan agar mampu menciptakan banyak peluang yang bias dijadikan gol untuk memenangkan suatu pertandingan.