SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemberian Karbohidrat 5% dan Natrium 110 mg Dalam Kemasan Sport Drink Terhadap Kesegaran Jasmani Pemain Sepakbola di SSB Putra Arjuna

Sylviana Kurnia Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Sylviana, Kurnia. 2013. Pengaruh Pemberian Karbohidrat 5% dan Natrium 110 mg Dalam Kemasan Sport Drink Terhadap Kesegaran Jasmani Pemain Sepakbola di SSB Putra Arjuna. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) dr. Moch. Yunus, M.Kes, (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata Kunci: Karbohidrat dan Natrium, Sport Drink, Kesegaran Jasmani

Sport drink merupakan minuman yang memiliki kandungan karbohidrat dan elektrolit yang terdiri dari natrium, kalium, magnesium, dan klorida. Sport drink dianggap sebagai minuman pengganti cairan tubuh yang hilang, sehingga banyak dikonsumsi oleh atlet untuk menjaga stamina tubuhnya. Beberapa peneliti membuktikan adanya pengaruh pemberian sport drink untuk meningkatkan performa olahraga dan waktu pemulihan pada cabang olahraga atletik dan sepakbola. Hal itu dikarenakan cabang-cabang olahraga tersebut membutuhkan daya tahan dan stamina tubuh yang baik, dan durasi yang cukup lama. Sport drink tersebut dikatakan memiliki pengaruh terhadap performa saat melakukan olahraga karena kandungan karbohidrat dan natrium yang ada dalam sport drink.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan adanya pengaruh lain dari pemberian sport drink terhadap peningkatan kesegaran jasmani pada pemain sepakbola SSB putra arjuna yang berjumlah 18 orang. Pengukuran kesegaran jasmani dilakukan dengan menggunakan tes lari 12 menit.

Penelitian ini dilakukan dengan  menggunakan rancangan penelitian pre-experimental (Eksperimental semu) dan  dengan metode one group pretest-posttest design. Saat pelaksanaan pretest, subyek penelitian melakukan tes lari 12 menit tanpa pemberian cairan sebelum pelaksanaan tes. Subyek diberikan masa recovery selama 1 minggu setelah pelaksanaan pretest, kemudian akan dilaksanakan posttest.

Posttest diawali dengan pemberian sport drink 250 ml 10 menit sebelum pelaksanaan tes lari 12 menit. Sport drink yang digunakan yaitu yang memiliki kandungan 5% karbohidrat dan 110 mg natrium. Setelah pretest dan posttest dilakukan, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan syarat melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pemberian karbohidrat 5% dan natrium 110 mg dalam kemasan sport drink (posttest) memiliki nilai rata-rata jarak tempuh yang lebih tinggi yaitu 2343,61  dan standar deviasi 170,8 dibandingkan dengan sebelum pemberian karbohidart 5% dan natrium 110 mg dalam kemasan sport drink (pretest) yaitu 2216,11 dan standar deviasi 197,8. Hasil analisis uji-t juga menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pretest, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pemberian karbohidart 5% dan natrium 110 mg dalam kemasan sport drink sebelum tes lari 12 menit secara signifikan dapat meningkatkan kesegaran jasmani pemain sepakbola pada SSB putra arjuna.