SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Melalui Metode Bermain Siswa Kelas X MM 3 SMK Negeri 11 Malang

dwi bagus permaisuda

Abstrak


ABSTRAK

 

Permaisuda, Dwi Bagus. 2013. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Melalui Metode Bermain Siswa Kelas X MM 3 SMK Negeri 11 Malang. Skripsi. Jurussan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd, (II) dr. H. Moch Yunus, M.Kes.

Kata Kunci: meningkatkan, keaktifan pembelajaran guling depan, metode bermain

Guling Depan adalah salah satu gerakan dalam senam lantai tanpa alat yang banyak diajarkan pada sekolah, gerakannya dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang, panggul bagian belakang, dan kaki. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran guling depan belum optimal. Banyak siswa yang kurang aktif merespon intruksi guru, tidak menuntaskan tugas gerak dengan baik, kurang serius melaksanakan tugas gerak.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki keaktifan pembelajaran senam lantai guling depan siswa kelas X MM 3 SMK Negeri 11 Malang yang belum optimal dengan menggunakan metode bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran guling depan dengan menggunakan metode bermain. Melalui bermain ini, siswa melakukan gerak guling depan sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini mengingat siswa kelas X MM 3 SMK Negeri 11 Malang belum menunjukkan keaktifan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran guling depan di kelas X MM 3 mengalami peningkatan setelah diberikan metode bermain.Persentase keaktifan siswa adalah sebagai berikut: (1). Siswa aktif, 26%  menjadi 51% pada siklus 1 dan menjadi 82% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik sekali. (2). Siswa senang, 27% menjadi 55% pada siklus 1 dan menjadi 84% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik sekali. (3). Siswa tekun, 25% menjadi 50% pada siklus 1 dan menjadi 81 % pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik sekali.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan pemberian metode bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran guling depan siswa kelas X MM 3 SMK Negeri 11 Malang.