SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Book Pertolongan Pertama Dan Pencegahan Perawatan Cedera Olahraga (PP & PPCO) Untuk Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 1 Jombang

Lastiko Agung Prabowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Agung, Lastiko. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Book Pertolongan Pertama Dan Pencegahan Perawatan Cedera Olahraga (PP & PPCO) Untuk Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 1 Jombang. Pembimbing: (I) dr. Moch. Yunus, M.Kes. (II) dr. Rias Gesang K, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Elektronik Book PP & PPCO, PMR

Meningkatnya antusiasme dan aktifitas terhadap olahraga pada anak usia sekolah yaitu 13-18 tahun, maka meningkat pula resiko terjadinya kecelakaan serta cedera olahraga. Tetapi hal ini tidak diimbangi dengan pemahaman dan kemampuan pertolongan pertama cedera olahraga pada usia mereka, terutama juga anggota PMR sebagai kader kesehatan di lingkungan sekolah. Berkaitan dengan masalah ini, maka diperlukan pembahasan mengenai pengembangan media belajar pertolongan pertama dan pencegahan perawatan cedera olahraga untuk Palang Merah Remaja.

Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Elektronik Book pertolongan pertama dan pencegahan perawatan cedera olahraga (PP & PPCO) untuk Palang Merah Remaja di SMP Negeri 1 Jombang, dengan harapan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa-siswi, sehingga dapat memperkaya pengetahuan tentang pertolongan pertama dan pencegahan perawatan cedera olahraga.

Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jombang ini, termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Berdasarkan uji coba tahap kelompok kecil dengan jumlah 10 siswa-siswi anggota PMR , diperoleh persentase dengan rata-rata 80,2%. Dari uji coba tahap kelompok besar dengan jumlah 40 siswa-siswi anggota PMR, diperoleh persentase dengan rata-rata 80,5%. Hasil uji coba kelompok menunjukan presentase yang termasuk kategori baik dan dapat digunakan.

Dari hasil penelitian dan pengembangan maka dapat disimpulkan bahwa, produk media pembelajaran Elektronik Book Pertolongan Pertama dan Pencegahan Perawatan Ceder Olahraga ini, memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan sebagai sumber belajar baru bagi siswa-siswi anggota PMR di SMP Negeri 1 Jombang.