SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PRODUKSI LAKTAT DARAH DARI LARI 400 METER PADA PEMAIN U-18 SSB PUTRA AREMA

Dimaskulin Andromeda

Abstrak


ABSTRAK

 

Andromeda, Dimaskulin. 2012. Produksi Laktat Darah dari Lari 400 Meter pada Pemain U-18 SSB Putra Arema. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata kunci: Asam laktat darah, lari 400 meter, Pemain U-18 SSB Putra Arema.

Aktivitas fisik dengan intensitas tinggi akan menghasilkan asam laktat pada otot yang berkontraksi. Kemudian akan menumpuk dan selanjutnya berdifusi ke dalam aliran darah sehingga akan menyebabkan peningkatan kadar asam laktat darah. Salah satu aktivitas fisik yang menyebabkan peningkatan kadar laktat darah adalah lari 400 meter. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui produksi asam laktat darah dari lari 400 meter pada pemain U-18 SSB Putra Arema.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan sampel pemain U-18 SSB Putra Arema sebanyak 20 testi. Tempat pelaksanaan penelitian dilakukan di lapangan Ajendam, Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan pascates satu kelompok yang dipilih secara acak. Sebagai panduan dalam pelaksanaan penelitian, maka dibuat standard operational procedure (SOP) agar dalam proses pengumpulan data didapatkan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan data berdistribusi normal dan berasal dari varian yang sama (homogen). Kemudian analisis deskripsi yang dilakukan menunjukkan bahwa kadar laktat darah pada testi rata-rata 4,9698 mmol/liter dengan kadar laktat darah tertinggi sebesar 5,191 mmol/liter dan terendah sebesar 4,729 mmol/liter. Rentangan dari kadar asam laktat darah pada pemain U-18 Putra Arema sebesar 0,462 mmol/liter.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa rata-rata produksi asam laktat darah pada U-18 SSB Putra Arema sebesar 4,9698 mmol/liter. Dari penelitian ini, saran yang dapat diberikan di antaranya (1) membuat SOP yang lebih detail lagi sehingga data yang di dapatkan lebih valid dan lebih dipertanggungjawabkan (2) melakukan penelitian sejenis dengan menggunakan testi lebih banyak lagi dan menggunakan variabel lain yang berkaitan.