SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Sejarah Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013 Kelas VIIIA di MTs.N Wonorejo Pasuruan.

Yaumil . Khoiriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoiriyah, Yaumil. 2013. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MelaluiMedia Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Sejarah Semester GenapTahun Ajaran 2012-2013 Kelas VIIIA di MTs.N Wonorejo Pasuruan.Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Marsudi, M.Hum. (II) Najib Jauhari, S.Pd., M.Hum.

 

Kata Kunci: media permainan monopoli, motivasi, hasil belajar

Fakta pembelajaran terhadap mata pelajaran sejarah di MTs.N Wonorejocenderung konvensional yang bersifat hafalan dan cenderung menggunakanmetode ceramah. Pola pengajaran yang seperti ini yang membuat siswa tidaktermotivasi dalam proses pembelajaran dan akibatnya siswa cenderungmendapatkan nilai yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Dengan adanyahal tersebut peneliti mencoba menerapkan media pembelajaran yang dekat dengansiswa yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. PermainanMonopoli dalam pembelajaran sejarah merupakan salah satu media alternatif yangdigunakan sebagai penunjang proses pembelajaran serta dapat digunakan untukmerangsang keaktifan siswa dalam belajar. Dengan permainan monopoli ini siswadapat melibatkan lebih banyak inderanya seperti pengelihatan, peraba danpendengaran, sehingga siswa lebih dapat mengingat materi yang telah dijelaskan.

Rumusan masalah pada penelitian ini: 1) bagaimana pelaksanaanpembelajaran dengan menggunakan media permainan monopoli? 2) apakah mediaini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa?. Penelitian ini dilakukanuntuk: 1) mendeskripsikan pembelajaran sejarah yang dilaksanakan denganmenggunakan media permainan monopoli dikelas VIIIA MTs. N Wonorejo-Pasuruan; 2) mendeskripsikan pemanfaatan permainan monopoli sebagai mediapembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaransejarah siswa kelas VIIIA MTs.N Wonorejo-Pasuruan.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari2 siklus dan subyek penelitiannya yaitu siswa kelas VIIIA MTs.N Wonorejo-Pasuruan. Tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Siklus I dilaksanakan25 Januari sampai 08 Februari 2013. Siklus II dilaksanakan pada tanggal 15Februari sampai 01 Maret 2013.

Hasil belajar siswa siklus I sebesar 42.3% rata-rata kelas 71.1, siklus IIsebesar 88.5% dengan rata-rata kelas 79.9. Peningkatan hasil belajar siswa dilatorbelakangi oleh motivasi siswa yang meningkat disetiap siklusnya. Motivasi siswasiklus I memiliki prosentase 75%, dan meningkat di siklus II sebesar 91.6%,sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakanmedia permainan monopoli dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswapada kelas VIIIA MTs.N Wonorejo-Pasuruan.

Bagi guru diharapkan dapat menerapkan media pembelajaran yang inovatifsehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Mediapembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah media permainanmonopoli karena media permainan monopoli ini dapat meningkatkan motivasi danhasil belajar siswa.