SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Kota Malang Tahun 2012

Yudha Abrianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Abrianto, Yudha. 2013. Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Kota Malang tahun 2012. Skrips, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto ,M. Pd, (II) Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguno, M. Kes.

 

Kata Kunci: evaluasi, program kerja, PERTINA.

Evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan.

Penelitian evaluasi pelaksanaan program kerja Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Kota Malang, PERTINA merupakan induk organisasi olahraga yang bertugas untuk membina atlet-atlet tinju amatir. PERTINA termasuk induk organisasi yang berada dibawah naungan KONI. Sebelumnyabelumpernahadaevaluasi program kerja setiap cabor yang diadakan KONI Kota Malang Khususnya PERTINA yang merupakan cabang unggulan di Kota Malang.

Penelitihan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja PERTINA Kota Malang dengan metode CIPP (Context, Input, Process, Product) dan akan menghasilkan keputusan untuk melanjutkan program, merevisi, menyebarluaskan atau menghentikan program kerja PERTINA Kota Malang serta menghasilkan rekomendasi dari peneliti.

Penelitian evaluasi pelaksanaan program kerja PERTINA Kota Malang ini menggunakan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi serta teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase dan dianalisi dengan metode CIPP yang hasilnya sebagai berikut: context 60% yang berarti cukup baik, input 86,7% yang berarti baik sekali, process 84,2% yang berarti baik sekali, product 78,6% yang berarti baik. Dari keseluruhan CIPP (context, input, process dan, product) adalah 82,8% yang berarti baik sekali.

Berdasarkan hasil penelitian yang dijabarkan diatas peneliti merekonmendasikan Program kerja PERTINA Kota Malang dapat dilanjutkan dengan beberapa aspek yang harus dibenahi sehingga pada tahun-tahun berikutnya pelaksanaan program kerja dapat berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi. Di setiap variabel terdapat aspek-aspek yang harus dibenahi diantarannya pada variabel Context adalah (1) perlu adanya implementasi dan sosialisasi dalam pelaksanaan program kerja sebagaimana mestinya; variable Input (1) perlu adanya kriteria-kriteria khusus dalam perekrutan atlet, pelatih dan pengurus sehingga sumber daya manusia yang berada di PERTINA Kota Malang mampu mencapai hasil yang memuaskan (2) diharapkan PERTINA Kota Malang dalam perekrutan pelatih, merekrut pelatih yang memiliki lisensi kepelatihan sehingga proses latihan berjalan sebagaimana mestinya, Process adalah (1) atlet harus melaksanakan latihan sesuai program latihan yang disusun oleh pelatih (2) pelatih harus membuat program latihan sesuai dengan keadaan atlet, (3) pengurus PERTINA Kota Malan harus mengevaluasi setiap program yang sudah dilaksanakan sehingga dapat diketahui program tersebut terlaksana dengan baik atau tidak; variabel Product adalah (1) diharapkan setiap atlet dapat ikut serta dalam setiap even-even yang sama sehingga pengalaman bertanding setiap atlet menjadi lebih banyakih member  dan merata. (2) lebih memberi kesempatan bertanding kepada atlet-atlet yang masih muda sehingga atlet-atlet tersebut memiliki jam terbang yang banyak.