SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERAPI MENGGUNAKAN MASASE UNTUK PEMULIHAN CEDERA SPRAIN PERGELANGAN KAKI

Yanuar Arifin

Abstrak


ABSTRAK

 

Arifin, Yanuar. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Terapi Menggunakan Masase Untuk Pemulihan Cedera Sprain Pergelangan Kaki. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) Drs. H. Agus Gatot S., M.Kes.

 

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, pemulihan cedera sprain, sendi pergelangan kaki, terapi masase.

Fisioterapi olahraga sangat penting untuk program pemulihan kondisi tubuh. Oleh karena itu pembelajaran fisioterapi masase sangat diperlukan oleh mahasiswa Ilmu Keolahragaan (IK). Berdasarkan penelitian awal berupa analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di FIK terhadap dosen matakuliah Fisioterapi Olahraga dan Kesehatan dan mahasiswa IK diperoleh informasi bahwa: (1) Dosen matakuliah Fisioterapi Olahraga dan Kesehatan setuju jika pengembangan media pembelajaran teknik pemulihan cedera sprain pada sendi pergelangan kaki dengan terapi masase melalui media VCD, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. (2) 100% mahasiswa IK setuju jika pengembangan media pembelajaran teknik pemulihan cedera sprain pada sendi pergelangan kaki dengan terapi masase melalui media VCD.

Peneliti menggunakan model pengembangan Bord dan Gall yang dimodifikasi peneliti menjadi lebih sederhana yaitu: (1) Penelitian awal dengan memberikan angket analisis kebutuhan kepada dosen matakuliah Fisioterapi Olahraga dan Kesehatan dan mahasiswa IK. (2) Penyusunan raancangan produk awal. (3) Pengembangan bentuk produk awal teknik pemulihan cedera sprain pada sendi pergelangan kaki dengan terapi masase melalui media VCD kemudian dievaluasi oleh ahli. (4) Revisi produk sesuai saran dari dosen ahli. (5) Melakukan uji coba kelompok kecil, menggunakan10 subyek mahasiswa IK. (6) Uji coba kelompok besar dilakukan pada 40 mahasiswa IK. (7) Hasil akhir produk berupa media pembelajaran teknik pemulihan cedera sprain pada sendi pergelangan kaki dengan terapi masase melalui media VCD yang diperoleh dari hasil uji coba kelompok besar. Penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli Fisioterapi, ahli PP & PPCO dan ahli media yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa teknik terapi masase untuk pemulihan cedera sprain pada sendi pergelangan kaki melalui media VCD ini dapat diuji cobakan. Dari hasil uji coba kelompok kecil menggunakan 10 subyek uji coba, diperoleh jumlah persentase 84,35% dan pada uji coba kelompok besar menggunakan 40 subyek uji coba diperoleh hasil persentase 87,8% sehingga teknik pemulihan cedera sprain pada sendi pergelangan kaki dengan terapi masase melalui media VCD dapat digunakan di FIK.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran teknik pemulihan cedera sprain pada sendi pergelangan kaki menggunakan fisioterapi masase melalui VCD. Diharapkan dengan adanya VCD ini maka dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.