SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Matakuliah Bolavoli I Menggunakan Electronic Book (E-Book) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Agus Tri Laksono

Abstrak


ABSTRAK

 

Tri Laksono,Agus. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matakuliah Bolavoli I Menggunakan Electronic Book (E-Book) Untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Nengah Sudjana, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran, permainan bolavoli, electronic book.

Berdasarkan penyebaran angket yang dilakukan peneliti terhadap mahasiswa PJK angkatan 2010 FIK UMpada tanggal 3 Desember 2012, kegiatan pembelajaran matakuliah bolavoli I tidak menggunakan media pembelajaran sehingga mahasiswa membutuhkan suatu media pembelajaran. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) terhadap 40mahasiswa PJK Angkaan 2010 FIK UM diperoleh 29mahasiswa menjawab membutuhkan media elektronik, dan 11mahasiswa menjawab membutuhkan media cetak sebagai media untuk pembelajaran matakuliah bolavoli I.

Berdasarkan kenyataan itulah, dikembangkan suatu media pembelajaran berupa E-Book.Diharapkan, pengembangan ini dapat menjadi jalan keluar dalam kegiatan pembelajaran matakuliah bolavoli I sehingga mahasiswa lebih bersemangat dan senang dalam melakukan pembelajaran bolavoli.Penelitian yang dilaksanakan di FIK UM ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development).Pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pembelajaran matakuliah bolavoli I menggunakan Electronic Book untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Spesifikasi yang digunakan untuk produk yang peneliti buat adalah berupa pengembanganpembelajaran matakuliah bolavoli I menggunakan Electronic Bookuntuk mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan.Electronic Bookini berisi tentang sejarah bolavoli, definisi bolavoli, teknik dasar, model mengajar, tes keterampilan, dan soal.Electronic Bookini dilengkapi dengan video, gambar, musik, serta suara, dan produk akhirnya dikemas dalam bentuk CD.

Penelitian inimenggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall (1983) yang telah dimodifikasi oleh peneliti, yakni (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi produk awal,(5) uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar, (7) revisi produk akhir dan diperoleh produk E-Book.Penelitian dan pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket

Terdapat tiga hasil dalam penelitian ini. Pertama, dihasilkan produk soft fileberupa CDpembelajaran bolavoli. Kedua, uji produk terhadap ahli pembelajaran, ahli bolavoli, ahli media, uji lapangan kelompok kecil terhadap 12 mahasiswa PJK angkatan 2010, dan uji lapangan kelompok besar 40 mahasiswa PJK angkatan 2010yang menghasilkan kategori bahwa media ini layak dan dapat diimplementasikan. Hal itu dapat dilihat dari persentase yang diperoleh berturut-turut dari ahli pembelajaran, ahli bolavoli, ahli media, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar yang menunjukkan angka secara berturut-turut 82%, 89,9%, 90,4%, 84,4% dan 86,4,4%.Ketiga, revisi berdasarkan masukan subjek ahli diantaranya penggunaan kertas foto pada bagian cover CD, penambahan jumlah soal pada latihan soal, lebih memperjelas video dan gambar yang terdapat pada produk, perbaiki narasi pengantar E-Book, dan perbaiki ukuran dan jenis font.

Saran yang di dapat pada penelitian ini meliputi tiga aspek. Ketiga aspek tersebut, yakni (1) pemanfaatan, (2) diseminasi, dan (3) pengembangan produk lebih lanjut.Pertama, saran pemanfaatan terkait teknis penggunaan media yang sebaiknya digunakan dengan memperhatikan situasi dan kondisi sebelum mengikuti pembelajaran matakuliah bolavoli I. Kedua, sebelum produk ini disebarluaskan saran peneliti adalah untuk melakukan evaluasi ulang dan disesuaikan dengan sasaran yang dituju.Ketiga, peneliti berharap bahwa keefektifan produk ini dapat diukur melalui penelitian lebih lanjut.