SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MANAJEMEN CEDERA SPRAIN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN FIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Wawan Maryuki Sudirjo

Abstrak


ABSTRAK

 

Sudirjo, Wawan Maryuki. 2012. Pengembangan Pembelajaran Manajemen Cedera Sprain Menggunakan Multimedia untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (2) dr. Rias Gesang K., M. Kes.

 

Kata kunci: Pengembangan, Pembelajaran, Cedera, Sprain, Multimedia.

Pembelajaran Manajemen Cedera Sprain merupakan salah satu kompetensi pada matakuliah PP & PPCO (Pertolongan Pertama dan Pencegahan dan Perawatan Cedera Olahraga) di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang yang dapat disampaikan melalui gambar, buku, audio visual, kaset, dan sebagainya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, Mahasiswa PJK FIK Universitas Negeri Malang memerlukan media yang paling tepat untuk menyampaikan manajemen cedera sprain yaitu menggunakan multimedia. Pembelajaran Manajemen Cedera Sprain menggunakan Multimedia ini dirancang secara sistematis agar menjadi lebih menarik dengan berpedoman pada kompetensi dasar yang telah ada sebelumnya sehingga mahasiswa PJK FIK Universitas Negeri Malang dapat memahami konsep materi manajemen cedera sprain dengan lebih mudah dan tepat.

Peneliti menggunakan prosedur pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi model yang lebih sederhana yaitu: (1) melakukan penelitian awal analisis kebutuhan kepada mahasiswa PJK FIK UM; (2) pembuatan rancangan produk awal multimedia manajemen cedera sprain; (3) rancangan produk dievaluasi 1 orang ahli media, 1 orang ahli pembelajaran dan 1 ahli PP & PPCO; (4) uji coba kelompok kecil; (5) revisi produk awal; (6) uji coba lapangan (kelompok besar) dengan mengujicobakan hasil revisi produk awal; (7) penyempurnaan produk hasil akhir produk pengembangan. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil pengembangan evaluasi para ahli mengenai produk awal, lalu dilakukan analisis data hasil uji coba (kelompok kecil) dengan 10 orang subjek diperoleh rata-rata persentase  83,3% dengan kategori "baik", namun tetap dilakukan perbaikan pada bagian-bagian tertentu untuk semakin menyempurnakan produk. Hasil uji lapangan (kelompok besar) dengan 34 orang subjek diperoleh rata-rata persentase  sebesar 89,2% dengan kategori "baik", sehingga tidak dilakukan revisi dan ditetapkan sebagai produk akhir.

Spesifikasi produk multimedia interaktif manajemen cedera sprain dalam pengembangan ini layak digunakan untuk pembelajaran mahasiswa, produk berupa file komputer .html dan .swf, sajian produk berupa teks, gambar, dan video, materi yang disajikan manajemen cedera sprain. Produk akhir multimedia diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami konsep materi manajemen cedera sprain pada matakuliah PP & PPCO di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.