SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Ketrampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Model Bermain Di Taman Rintangan

Isak Elisam Salenussa

Abstrak


ABSTRAK

Salenussa Isak, Elisam. 2013. Peningkatan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Model Bermain Di Taman Rintangan Pada Pembelajaran Pendidikan Jasman Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas X UPW SMK Negeri 1 Malang. Skripsi , Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mardianto, M. Kes, (II) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

Kata Kunci: Peningkatan,  Keterampilan,  Lompat Jauh Gaya Jongkok, Dengan Model Bermain Di Taman Rintangan.

 

Pada kompetensi dasar kelas X  semester 1 yaitu mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi sarta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan, percaya diri. Pada observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas X UPW SMK Negeri 1 Malang, dari ke empat teknik dasar yang di amati tingkat kegagalan pada teknik awalan dengan jumlah presentase 15%, tumpuan 55%, melayang 57,5%, mendara 22,5% . Oleh karena itu perlu adanya perbaikan atau pembaharuan model penyampaian materi yaitu dengan menggunakan model permainan untuk menghindari kebosanan pada siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X UPW SMK Negeri 1 Malang dengan menggunakan model permainan.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitaf dan kualitatif. Pelaksanaan tidakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X UPW SMK Negeri 1 Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu pada teknik awalan tingkat keberhasilan siswa dari 80%  menjadi 87,5%, teknik tumpuan dari 60%  menjadi 77,5%,  teknik melayang dari 45%  menjadi   65%, teknik mendarat dari 42,5%  menjadi 85%.   Siklus 2  pada teknik awalan siswa dari 92,5%  tetap, teknik  tumpuan dari 90%  menjadi 92,5%, teknik melayang dari 80%  menjadi 92,5%, teknik mendarat dari 87,5%  menjadi 92,5% . Selain aspek psikomotor didapat juga peningkatan mengenai aspek kognitif dan afektif siswa.

 

Setelah dua siklus didapatkan data tentang peningkatan ketrampilan lompat jauh gaya jongkok, sikap siswa, dan pengetahuan siswa. Selain itu didapatkan juga data tentang kinerja guru, dan suasana akademik.

Kesimpulan penelitian ini, bahwa penggunaan permainan dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas X UPW SMK Negeri 1 Malang. Selain itu dapat juga meningkatkan sikap dan pengetahuan siswa.

Saran bagi guru pendidikan jasmani dapat menggunakan permainan untuk meningkatkan keterampilan lompat jauh. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat menyempurnakan dan mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.