SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kombinasi Senam Pivot Lansia dan Jalan Kaki terhadap Peningkatan Range Of Motion (ROM) Sendi Ekstremitas Superior Lansia di Desa Junrejo, Kota Batu, Malang.

Priyo Prasantoso

Abstrak


ABSTRAK

Prasantoso, Priyo. 2012. Pengaruh Kombinasi Senam Pivot Lansia dan Jalan Kaki terhadap Peningkatan Range Of Motion (ROM) Sendi Ekstremitas Superior Lansia di Desa Junrejo, Kota Batu, Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas  Ilmu Keolahragaa, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Saichudin, M.Kes, (II) dr. H. Moch. Yunus M.Kes.

 

Kata Kunci: lansia, senam pivot, jalan kaki, rentang gerak sendi/ range of motion (ROM), sendi ekstremitas superior.

Pendengaran mulai menurun, penglihatan kabur, dan kekuatan fisiknya pun mulai melemah. Kenyataan itulah yang dialami oleh orang yang sudah lanjut usia (lansia). Kelompok lanjut usia (lansia) adalah kelompok penduduk yang berusia 60 tahun ke atas. Dengan diberikannya perlakuan kombinasi senam pivot lansia dan jalan kaki pada kelompok lansia diharapkan akan dapat mengurangi penurunan kualitas fisik dan psikologis, dalam hal ini mengenai nilai rentang gerak sendi/ range of motion (ROM) sendi ekstremitas superior.

 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kombinasi senam pivot lansia dan jalan kaki terhadap peningkatan rentang gerak sendi/ range of motion (ROM) sendi ekstremitas superior yang diberikan pada kelompok lansia sebanyak 15 lansia di Desa Junrejo, Kota Batu, Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra tes dan pasca tes eksperimental. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimental, tepatnya metode eksperimental semu yaitu dengan metode yang memberikan atau menggunakan suatu treatment (perlakuan), dengan tujuan ingin mengetahui dan membandingkan pengaruh suatu kondisi terhadap gejala yang timbul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran  rentang gerak sendi, untuk memperoleh data yang objektif tentang hasil latihan kelompok lansia. Kegiatan analisis data menggunakan analisis statistik yang telah dihitung menggunakan uji t dengan tingkat kepercayaan =95%(α=0,05).

Berdasarkan hasil analisis data uji beda menggunakan Paired Samples T- Test, diperoleh hasil analisis data yang telah dihitung menggunakan uji t dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis penelitian diterima,ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir. Yaitu pada sendi bahu ketika fleksi dan hiperekstensi, sendi siku ketika fleksi, serta sendi pergelangan tangan ketika fleksi dan hiperekstensi dengan nilai simp(2-tailed)< 0,05 (tingkat kepercayaan 95%). Sehingga, ada pengaruh pemberian perlakuan kombinasi senam pivot lansia dan jalan kaki terhadap peningkatan Range Of Motion sendi ekstremitas superior lanjut usia di Desa Junrejo, Kota Batu, Malang.