SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN GERAK DASAR MANIPULATIF LEMPAR DAN TANGKAP MELALUI PERMAINAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA KELAS I, II, DAN III DI SDLB SUMBER DHARMA MALANG

Rivo Hari Nurdiansyah

Abstrak


ABSTRAK

Nurdiansyah, Rivo Hari. 2013. Pengembangan Model Latihan Gerak Dasar Manipulatif Lempar dan Tangkap Melalui Permainan untuk Anak Tunagrahita Kelas I, II, dan III di SDLB Sumber Dharma Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mardianto, M. Kes, (2) dr. Rias Gesang Kinanti, M. Kes.

 

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, model latihan melalui permainan, gerak dasar manipulatif, lempar dan tangkap, anak tunagrahita.

Gerak dasar merupakan gerak yang harus dikuasai untuk menunjang gerak yang lebih kompleks. Anak tunagrahita memiliki permasalahan pada penguasaan gerak dasar. Berdasarkan penelitian awal berupa observasi dan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di SDLB Sumber Dharma Malang terhadap guru kelas I, II, dan III diperoleh hasil bahwa: (1) siswa mengalami gangguan pada koordinasi gerak, power, dan ketepatan, (2) materi yang diajarkan mengenai gerak dasar manipulatif lempar dan tangkap bersifat monoton, (3) guru setuju apabila ada pengembangan model-model latihan gerak dasar manipulatif lempar dan tangkap melalui pendekatan bermain, dengan harapan siswa lebih aktif dan semangat. Spesifikasi produk model latihan gerak dasar manipulatif lempar dan tangkap yang dikembangkan yaitu: (1) lingkaran dari kapur tulis, (2) diameter lingkaran 60 cm, (3) media latihan bola plastik, bola tenis, kardus bekas, botol plastik, (4) jarak bervariasi disesuaikan dengan model latihan.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi peneliti menjadi lebih sederhana, yaitu: (1) Analisis kebutuhan dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi dengan cara memberikan angket analisis kebutuhan. (2) Pembuatan rancangan produk. (3) Mengembangkan produk awal, yang selanjutnya dievaluasi oleh para ahli. (4) Melakukan uji kelompok kecil, kemudian melakukan revisi produk. (5) Uji coba kelompok besar (6) Revisi produk akhir. (7) Hasil akhir produk berupa model-model latihan gerak dasar manipulatif lempar dan tangkap melalui permainan untuk anak tunagrhaita kelas I, II, dan III di SDLB Sumber Dharma Malang. Penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil observasi, analisis kebutuhan, analisis ahli, dan uji kelompok.

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli permainan dan ahli media, yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa model-model latihan ini dapat diujicobakan. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 6 subjek dan 3 observer. Diperoleh hasil bahwa model-model latihan ini dapat dilanjutkan pada uji coba kelompok besar setelah direvisi berdasarkan saran dari observer. Pada uji coba kelompok besar dengan menggunakan 11 subjek dan 3 observer diperoleh hasil bahwa model-model latihan gerak dasar manipulatif lempar dan tangkap melalui permainan untuk anak tunagrahita kelas I,II, dan III dapat digunakan di SDLB Sumber Dharma Malang.