SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang pengelolaan prasarana olahraga GOR Ken Arok berdasarkan tugas pokok dan fungsi Unit Pelaksana Teknis GOR Ken Arok Kota Malang.

angga loka maruta

Abstrak


ABSTRAK

Maruta, Angga Loka. 2012. Studi Tentang pengelolaan prasarana olahraga GOR Ken Arok berdasarkan tugas pokok dan fungsi Unit Pelaksana Teknis GOR Ken Arok Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Gatot S, M.Kes., (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengelolaan, prasarana olahraga, GOR Ken Arok

Semakin berkembangnya olahraga di Indonesia maka diimbangi dengan semakin banyak pula dibangun prasarana olahraga yang menunjang terselenggaranya kegiatan olahraga tersebut. Di Kota Malang terdapat Gelanggang Olahraga Ken Arok yang tepatnya di kelurahan Buring Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. GOR Ken Arok merupakan satu-satunya GOR tipe A di Jatim.

Dengan tersedianya fasilitas prasarana olahraga indoor di GOR Ken Arok, GOR Ken Arok dipilih sebagai venue untuk  menggelar pertandingan dan perlombaan olahraga level Nasional. Tidak sedikit klub dari berbagai cabang olahraga yang memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada tersebut dengan cara menyewa, diantaranya adalah dari cabang olahraga bolabasket dan bolavoli.

Namun masih terdapat keluhan dari pengguna GOR Ken Arok mengenai prasarana olaharga yang ada di GOR Ken Arok. Seperti lampu padam saat pertandingan dan kenyamanan penggunaan prasarana olahraga di GOR. Hal ini menimbulkan anggapan dari pengguna bahwa pengelolaan prasarana GOR Ken Arok tidak berjalan dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana pengelolaan prasarana olahraga GOR Ken Arok berdasarkan tugas pokok dan fungsi Unit Pelaksana Teknis GOR Ken Arok Kota Malang. Subjek UPT GOR Ken Arok Kota Malang. Instrumen penelitian mengunakan daftar cek, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari daftar cek tentang tugas dan fungsi pokok UPT GOR Ken Arok.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tugas pokok dan fungsi UPT GOR telah berjalan dengan baik namun masih banyak yang belum berjalan kurang baik. Dan fungsi GOR Ken Arok juga tidak sesuai dengan yang disebutkan dalam UU RI Th 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Pasal I ayat 21 bertentangan dengan PERDA Kota Malang Nomor 2 Tahun 2011 tentang fungsi penggunaan Gelanggang Olahraga Ken Arok Kota Malang karena masih sering digunakan untuk kegiatan selain olahraga. UPT GOR Ken Arok juga kurang memperhatikan perawatan prasarana olahraga outdoor.

Disarankan agar Unit Pelaksana teknis selaku pengelolaan prasarana olahraga di GOR Ken Arok Kota Malang lebih ditingkatkan. Diantaranya Pengelola lebih meningkatkan perawatan dan pemeliharaan prasarana olahraga yang ada di luar gedung (outdoor), kenyamanan fasilitas indoor dan kebersihan dari fasilitas penunjang seperti mushola, kamar mandi dan tempat parkir. Dan agar Unit Pelaksana Teknis membatasi penggunaan GOR Ken Arok hanya boleh digunakan untuk kegiatan yang menyangkut kegiatan Olaharaga.