SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan pada Pembelajaran Lompat Jauh Kelas IV dan V SD Negeri Sukosewu 07

andi saputra

Abstrak


ABSTRAK

Saputra Andi Hebri. 2012. Pengembangan Model Permainan pada Pembelajaran Lompat Jauh Kelas IV dan V SD Negeri Sukosewu 07. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, Permainan, Lompat Jauh

Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada tanggal 5 Oktober 2011 di SD Negeri Sukosewu 07 Kabupaten Blitar kelas IV dan V untuk pendidikan jasamani menggambarkan bahwa kegiatan pembelajaran lompat jauh masih dengan pola untuk melakukan lompatan saja yaitu siswa dibuat kelompok yang kemudian siswa melakukan gerakan lompat jauh secara bergantian di lapangan sekolah. Guru pendidikan jasmani hanya memberikan contoh gerakan yang kemudian siswa disuruh mempraktikan. Untuk mewujudkan tujuan pedidikan jasmani, peranan guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Pencapaian tujuan pembelajaran guru pendidikan jasmani di SD Negeri Sukosewu 07 Kabupaten Blitar mengalami masalah seperti: (a)kurangnya inovasi metode mengajar, sehingga siswa tidak bisa memahami dan menerima materi dengan baik, (b) metode pengajar yang monoton dalam artian materi yang diajarkan saja, sehingga siswa merasa tidak senang karena kegiatan pendidikan jasmani yang menjemukkan dan berakibat melelahkan. Hasilnya siswa tidak memahami pembelajaran yang diajarkan oleh guru pendidikan jasmani dengan maksimal

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan yang menarik bagi siswa kelas IV dan V SD Negeri Sukosewu 07, sehingga permainan tersebut dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri Sukosewu 07 ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Produk awal telah di justifikasi oleh ahli pendidikan jasmani, ahli atletik dan ahli permainan yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa 5 permainan yang telah dimodivikasi untuk pembelajaran lompat jauh dapat digunakan. Ahli pendidikan jasmani secara keseluruhan  diperoleh persentase 93,40%, ahli atletik secara keseluruhan  diperoleh persentase 80,64% dan ahli permainan secara keseluruhan diperoleh persentase 80%Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 12 siswa diperoleh persentase 79,09% , dan pada uji kelompok besar dengan menggunakan 30 siswa diperoleh persentase 78.18% sehingga model permainan pada pembelajaran lompat jauh kelas IV dan V SD Negeri Sukosewu 07 dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan di antaranya: sebelum disebarluaskan sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.