SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Psikomotor Gerak Dasar Atletik Dengan Metode Paly and Games Pada Siswa Kelas VI SDN Mojolangu 04 Kota Malang

Fitriady .

Abstrak


ABSTRAK

Fitriady.2012. Meningkatkan psikomotor gerak dasar Atletik dengan metode play and games pada siswa kelas VI SDN Mojolangu 4 kota malang Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing : (I) Drs. Mu’Arifin., M.Pd (II) Drs.Tatok Sugiarto,S.Pd,M.Pd

 

Kata Kunci: Meningkatkan Psikomotor, Gerak dasar Atletik (Jalan,Lari,Lempar,Lompat) Metode Play and Games

Psikomotor pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SDN Mojolangu 4 Malang khususnya gerak dasar Atletik belum sebagaimana yang di harapkan, hal ini di sebabkan karena guru pendidikan jasmani belum menerapkan metode yang bervariasi terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan observasi awal pada kelas VI SDN Mojolangu 4 Malang , diperoleh hasil bahwa penguasaan gerak, pemahaman materi dan pengembangan sikap terhadap pembelajaran ternyata belum optimal sehingga perlu di tingkatkan melalui penerapan metode yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan psikomotor gerak dasar atletik  melalui penerapan metode Play and games.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus, 1 siklus 2 kali pertemuan dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas VI di SDN Mojolangu 4  Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dan tes.

Melalui penerapan metode play and games diharapkan dapat meningkatkan gerak dasar atletik dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan gerak dasar atletik setelah diberikan tindakan dari siklus I dan siklus II hasilnya, Psikomotor gerak dasar Atletik  dari siklus I pertemuan ke 1 sebesar 39,5% dengan katagori tidak baik dan pertemuan ke 2 sebesar 71% dengan katagori cukup, dan pada siklus II pertemuan ke 1 mengalami peningkatan dengan skor 99% yang tergolong dalam katagori baik .

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode play and games dapat meningkatkan Psikomotor gerak dasar Atletik siswa dalam pembelajaran teknik dasar jalan,lari,lompat dan lempar di SDN Mojolangu 4 Malang. Berdasarkan penelitian ini disarankan  agar pada sekolah-sekolah yang lain dapat menerapkan metode play and games  pada pembelajarannya sehingga proses pembelajaranya dapat menjadi lebih optimal.