SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN "TAKE AND RUN" DALAM PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK KELAS X DI SMK WIDYA DHARMA TUREN

Erik Setiya Prambudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Prambudi, Erik S. 2012. Pengembangan Permainan “Take and Run” dalam Pembelajaran Lari Jarak Pendek Kelas X SMK Widya Dharma Turen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. M.E. Winarno, M.Pd, (II) Dr. Saichudin, M.Kes

 

Kata Kunci: permainan “Take and Run”, lari jarak pendek

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani dan siswa SMK Widya Dharma Turen pada tanggal 18-20 September 2012, pembelajaran lari jarak pendek yang dilakukan belum pernah menggunakan pengembangan model-model permainan serta respon siswa terhadap materi lari jarak pendek sangat kurang. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) mendapatkan hasil dari 2 guru pengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, keduanya menyatakan bahwa minat siswa sangat kurang terhadap materi lari jarak pendek. Penyebaran angket terhadap 30 siswa, diperoleh hasil 26 siswa menjawab kurang menarik dan 3 menjawab tidak menarik untuk materi atletik. Guru menyatakan bahwa keduanya tidak pernah melakukan pengembangan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model-model permainan dalam pembelajaran lari jarak pendek. Diharapkan, pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran agar siswa lebih antusian dan senang dalam pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan SMK Widya Dharma Turen ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Spesifikasi produk permainan “Take and Run”  dalam pembelajaran lari jarak pendek kelas X adalah menarik untuk dilakukan siswa, permainan aman dilakukan oleh siswa, permainan mudah dilakukan oleh siswa, permainan tepat untuk siswa kelas X, serta permainan bermanfaat untuk siswa. Produk yang dikembangkan mempunyai kemenarikan dalam produk permainan karena model permainan dibuat permainan beregu dengan media-media dan system kompetisi. Permainan aman dilakukan karena permainan berkonsep setiap regu mempunyai lintasan sendiri-sendiri dan media mencukupi. Permainan mudah untuk dilakukan dengan konsep langkah-langkah yang mudah dipahami. Permainan tepat untuk kelas X SMK karena diadaptasikan dengan ciri-ciri khusus anak remaja. Kebermanfaatan permainan sangat dominan karena untuk mempermudah siswa dalam belajar gerak dasar lari jarak pendek.