SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKNIK LOMPAT JANGKIT MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN ALAT MODIFIKASI PADA SISWA KELAS XI PEMASARAN 1 SMK NEGERI 1 MALANG

Dwi Lesmono

Abstrak


ABSTRAK

Septian Lesmono, Dwi. 2012. Peningkatan efektivitas pembelajaran teknik lompat jangkit menggunakan pembelajaran berbantuan alat modifikasi pada siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Efektivitas, Pembelajaran, Teknik Lompat Jangkit, Alat Modifikasi

Berdasarkan hasil tes keterampilan awal teknik lompat jangkit 37 siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Malang pada tanggal 11 Pebruari 2012, diperoleh hasil sebagai berikut: sebanyak 6 siswa salah melakukan awalan, sebanyak 27 siswa salah dalam berjingkat, 26 siswa salah dalam melangkah dan sebanyak 15 siswa salah melakukan lompatan. Kesalahan melakukan awalan disebabkan frekuensi langkah tidak ditingkatkan pada bagian akhir awalan. Kesalahan melakukan jingkat disebabkan arah tolakannya tidak ke depan dan togok tidak dipertahankan tetap tegak. Kesalahan melakukan langkah disebabkan siswa tidak meluruskan tungkai sepenuhnya dan posisi togok tidak tegak. Kesalahan melakukan lompatan karena tidak menggunakan teknik menggantung atau duduk luncur saat di udara. Tingkat kegagalan paling banyak pada teknik berjingkat dan melangkah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran teknik lompat jangkit siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Malang tidak efektif. Oleh karena adanya suatu pembelajaran teknik lompat jangkit yang tidak efektif, maka dibutuhkan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran teknik lompat jangkit.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran teknik lompat jangkit siswa menggunakan pembelajaran berbantuan alat modifikasi.

Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Malang dan satu guru praktikan serta tiga orang pengamat.

Hasil penelitian pada siklus 1 mengalami peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Gerakan awalan dari 83,78% menjadi 89,19%, gerakan jingkat dari 35,16% menjadi 70,27%, gerakan langkah dari 54,05% menjadi 75,68%, dan gerakan lompat dari 64,86% menjadi 89,19%. Pada siklus 2 gerakan awalan dari 94,59% menjadi 100%, gerakan jingkat dari 75,68% menjadi 86,49%, gerakan langkah dari 81,08% menjadi 91,89%, dan gerakan lompat dari 89,19% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap efektivitas pembelajaran teknik lompat jangkit dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran mengalami peningkatan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pembelajaran teknik lompat jangkit maka guru dapat menerapkan pembelajaran teknik lompat jangkit menggunakan pembelajaran berbantuan alat modifikasi.