SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Pengetahuan Pemain Ps. Putra Nepa Kabupaten Sampang Tentang Pelanggaran dan Kelakuan Tidak Sopan (Peraturan 12)

Perpus UM

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurussobah. 2012. Survei Pengetahuan Pemain Ps. Putra Nepa Kabupaten Sampang Tentang Pelanggaran dan Kelakuan Tidak Sopan (Peraturan 12). Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Mahmud Yunus M.Kes., (2) I Nengah Sudjana, S. Pd, M. Pd

 

Kata kunci: peraturan permainan sepakbola, peraturan 12, sepakbola.

Pelanggaran dan kelakuan tidak sopan adalah peraturan 12 dari 17 peraturan permainan sepakbola. Pelanggaran dan kelakuan tidak sopan hampir selalu terjadi dalam setiap pertandingan, peraturan ini harus dipahami oleh pemain sebagai pelaku permainan, untuk mewujudkan permainan yang sportif dan fair play. Pemain sebagai pelaku pertandingan di lapangan diharapkan mampu memahami peraturan permainan sepakbola khususnya peraturan 12 tentang pelanggaran dan kelakuan tidak sopan agar pertandingan di lapangan bisa berjalan dengan baik. Sebenarnya dalam peraturan permainan sepakbola telah disebutkan bahwa “Persyaratan dasar dari suatu pelanggaran harus dalam kondisi penyerangan agar dapat dianggap sebagai suatu pelanggaran”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman pemain Ps. Putra Nepa terhadap peraturan permainan sepakbola dari FIFA (pasal12) tentang pelanggaran dan kelakuan tidak sopan. Penelitian ini adalah penelitian survei, penelitian survei yaitu penelitian yang mengambil satu sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesoner sebagai alat mengumpul data yang pokok. Langkah penelitian sebagai berikut: (1) Tahap persiapan pengumpulan data, (2) Tahap pelaksanaan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah pemain Ps. Putra Nepa yang berjumlah sebanyak 26 pemain.

Berdasarkan hasil analisis persentase hasil tes tulis, jumlah pemain yang menjawab benar adalah 74,99% pemain dan yang menjawab salah 25,01%. Dapat disimpulkan bahwa pemain sepakbola Ps. Putra Nepa mempunyai pemahaman yang cukup baik terhadap Peraturan Permainan sepakbola dari FIFA (pasal 12) tentang Pelanggaran dan Kelakuan Tidak Sopan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan meningkatkan persentase pemahaman pemain terhadap peraturan permainan sepakbola dari FIFA (pasal 12) tentang pelanggaran dan kelakuan tidak sopan. Maka diharapkan semua pengurus yang berada di tim Ps. Putra Nepa diberikan materi tentang peraturan permainan sepakbola dan pemain lebih sering membaca peraturan permainan sepakbola khususnya (pasal 12).