SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SURVEI TENTANG PSBM ( PERSATUAN SEPAKBOLA MUNJUNGAN ) DALAM MENGIKUTI KOMPETISI PERSIGA DIVISI I TAHUN 2011

Ardi Hendaris

Abstrak


ABSTRAK

 

  Hendaris, Ardi. 2012. Survei Tentang PSBM (Persatuan Sepak Bola Munjungan) dalam Mengikuti Kompetisi Persiga Divisi I Tahun 2011. Skripsi Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Agus Gatot Subiyantoro, M.kes. (II) dr. Rias Gesang K, M.Kes.

 

Kata kunci: Klub sepak bola PSBM, Survei tentang PSBM

 

PSBM adalah Persatuan Sepak Bola Munjungan yang mengikuti Divisi I Persiga (Persatuan Sepak Bola Trenggalek). Mereka telah mengikuti turnamen antar klub Se-Kabupaten Trenggalek dan menjadi juara I Tahun 2007. Pada kompetesi Divisi II Persiga mereka hanya menjadi raner-up pada Tahun 2008. Sedangkan pada kompetisi divisi I Persiga pada tahun 2009 mereka hanya menempati peringkat ke-tiga. Dari data yang diperoleh baik itu dari observasi langsung dan informasi dari pelatih serta pemain, salah satu penyebab dari kekalahan adalah kondisi fisik pemain yang mulai menurun pada menit pertengahan babak kedua, akibatnya para pemain kurang berkonsentrasi dalam bermain. Untuk itu perlu dilakukan kajian tentang kestabilan kondisi fisik.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui program latihan klub sepak bola PSBM, (2) mengetahui kepengurusan klub sepak bola PSBM, (3) mengetahui VO2 Maks pemain sepakbola PSBM.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Observasional dan termasuk jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Pengambilan data menggunakan tes lari multitahap (Multistage Fitness Test) dan wawancara. Penilaian VO2 Maks dilakukan dengan merujuk pada tabel prediksi VO2 Maks. Penelitian ini bertempat di lapangan sepakbola Desa Munjungan Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek pada tanggal 30 Desember 2011 dengan subyek penelitian yang berjumlah 25 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) klub PSBM (Persatuan Sepak bola Munjungan) belum memiliki program latihan, (2) kepengurusan klub PSBM (Persatuan Sepak bola Munjungan) sudah ada tapi belum terorganisir dengan baik, (3) hasil tertinggi VO2 Maks mencapai 53,4 ml/kg bb/mnt, hasil terendah 36 ml/kg bb/mnt dan rata-rata VO2 Maks pemain sepak bola PSBM tahun 2011 masuk kategori sedang.

Dengan demikian dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut: (1) klub PSBM (Persatuan Sepak bola Munjungan) belum memiliki program latihan yang sesuai dengan prinsip-prinsip latihan yang benar; (2) kepengurusan klub sepak bola PSBM belum terorganisir dengan benar; (3) VO2 Maks pemain PSBM masih berada dibawah standart ideal pemain sepak bola. Sehingga saran dari penelitian ini yaitu pelatih membuat program latihan yang sesuai dengan prinsip-prinsip latihan yang benar, efektif dan efisien guna meningkatkan VO2 Maks pemainnya dan pengurus klub sepak bola PSBM agar membuat struktur organisasi klub dengan baik dan benar sehingga dapat tercapainya prestasi yang lebih baik.