SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI UNTUK SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI TUNGGUL KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH DAERAH PESISIR PANTAI

NUR SHABIKH

Abstrak


ABSTRAK

 

Shabikh, Nur. 2012. Pengembangan Buku Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Berbasis Lingkungan Daerah Pesisir Pantai. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd (II) Drs. I Nengah Sudjana, M.Pd.

 

Kata Kunci:   Pengembangan, buku ajar, pembelajaran, pendidikan jasmani, kelas rendah, SD Negeri, lingkungan daerah pesisir.

Pendidikan di Indonsia merupakan suatu kewajiban yang harus di jalankan bagi warga negaranya. Pendidikan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dalam pembukaan yang diamalkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan berdasarkan pancasila. Selanjutnya dalam batang  tubuh Unang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 31 ayat 1 dikatakan bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran”. Sedangkan dalam  Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP, 2006:512) menyatakan bahwa:

Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan merupakan bagian dari integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keteramilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasioanal.

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan dengan menggunakan angket berupa kuesioner kepada guru pendidikan jasmani di SD Negeri Tunggul diperoleh keterangan bahwa guru SD tersebut mengalami permasalahan dalam  proses pembelajaran yaitu terkait refrensi buku pembelajaran penjas anak kelas rendah di daerah pesisir pantai yang selama ini belum ada dan sangat dibutuhkan sebagai panduan saat proses belajar di SD Negeri Tunggul. Mencermati kondisi tersebut maka diperlukan Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Berbasis Lingkungan Daerah Pesisir Pantai yang dapat digunakan sebagai acuan dan refrensi guru SD Negeri Tunggul pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengembangkan Buku Ajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Berbasis Lingkungan Daerah Pesisir Pantai untuk siswa kelas rendah sekolah dasar yang dapat digunakan sebagai acuan dan refrensi guru SD Negeri Tunggul saat proses pembelajaran berlangsung.

Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Subyek uji coba terdiri dari (1) analisis kebutuhan, (2) tinjauan ahli, terdiri dari 2 orang ahli yaitu 1 ahli media, 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, (3) uji coba kelompok kecil menggunakana 1 guru dan 6 siswa (perwakilan dari kelas 1,2 dan 3), (4) uji coba kelompok besar atau uji lapangan yang terdiri dari 1 guru dan 39 siswa SD Negeri Tunggul.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983:775. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 1) Analisi kebutuhan, 2) pembuatan produk awal, 3) Revisi tahan I dari hasil tinjauan ahli-ahli, 4) Uji coba kelompok kecil (uji coba produk awal), 5) Revisi tahap II yaitu dari hasil uji coba kelompok kecil, 6) Uji coba lapangan (uji coba kelompok besar), 7) Revisi produk akhir yaitu berdasarkan hasil uji coba lapangan, hingga diperoleh produk akhir berupa Buku Ajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Berbasis Lingkungan Daerah Pesisir Pantai.

Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil buku Ajar Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Berbasis Lingkungan Daerah Pesisir Pantai dan buku ini dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada guru SD/MI yang mengajar di sekolah daerah pesisir pantai khususnya di SD Negeri Tunggul, agar dapat sebagai tambahan pengetahuan tentang pembelajaran anak kelas rendah di lingkungan sekolah daerah pesisir pantai.