SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Judo Menggunakan VCD untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri MalangABSTRAK Adh’ha, Rizal. 2012. Pengembangan Pembelajaran Judo Menggunakan VCD untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Ma

Rizal Adh'ha

Abstrak


ABSTRAK

 

Adh’ha, Rizal. 2012. Pengembangan Pembelajaran Judo Menggunakan VCD untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata kunci: penelitian pengembangan, pembelajaran, judo, media VCD.

Berdasarkan penelitian awal yang sudah dilakukan peneliti di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang terhadap Dosen Pembina Matakuliah Teori dan Praktik dan mahasiswa peserta Mata Kuliah Teori dan Praktik Judo diperoleh informasi bahwa: (1) Dosen Pembina Mata Kuliah Teori dan Praktik Judo belum pernah menggunakan media VCD. (2) Dosen Pembina Mata Kuliah Teori dan Praktik Judo setuju apabila dikembangkan pembelajaran judo menggunakan VCD untuk mahasiswa. sedangkan mahasiswa peserta mata kuliah Teori dan Praktik judo menyatakan: (1) Mahasiswa belum pernah mendapatkan media pembelajaran berupa VCD, (2) mahasiswa setuju apabila dikembangkan media pembelajaran judo menggunakan VCD untuk mahasiswa.

Peneliti menggunakan model Pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi model yang lebih sederhana yaitu: (1) Melakukan penelitian awal dan pengumpulan data informasi dengan wawancara dengan Dosen Matakuliah judo dan instrumen analisis kebutuhan kepada mahasiswa. (2) melakukan perencanaan dengan menentukan kompetensi yang akan diberikan pada perkuliahan. (3) Mengembangkan produk awal berupa VCD yang telah dievaluasi para ahli. (4) Melakukan uji coba kelompok kecil. (5) Melakukan revisi terhadap produk sesuai dengan saran-saran uji coba kelompok kecil. (6)Melakukan uji coba kelompok besar. (7) Melakukan revisi produk berdasarkan saran-sarandari hasil uji coba kelompok besar.

Penelitian pembelajaran judo menggunakan VCD ini melalui beberapa proses penelitian, yakni produk awal yang pertama dievaluasi oleh para ahli berdasarkan saran-saran antara lain: (1) Musik perlu diganti dengan musik Instrumental; (2) hasil evaluasi ahli pembelajaran adalah sistematika pembelajaran perlu ditambah; (3) hasil evaluasi ahli judo adalah perlu menambahkan latihan langkah kaki.

Setelah mendapatkan saran dari para ahli produk yang berupa VCD diperbaiki, selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 6 mahasiswa, dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 87,66% yang tergolong kategori valid, dan selanjutnya uji kelompok besar dengan menggunakan 30 mahasiswa diperoleh persentase 83,10% tergolong kategori valid sehingga pembelajaran judo menggunakan VCD ini dapat digunakan.