SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN ALAT PENDARATANMENGGUNAKAN MATRAS JERAMI UNTUK PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS V DI SDN KARANGREJO 4 KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR

DESTA DWI DRASTIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Drastiana, Desta Dwi. 2012. Pengembangan Media Pendaratan Menggunakan Matras Jerami Untuk Pembelajaran Lompat Jauh  Pada Siswa Kelas V Di SDN Karangrejo 4 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar . Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mardianto, M.Kes.   (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M. Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, Media, Jerami, Lompat Jauh,

Guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan harus mampu membuat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, mampu membuat siswa lebih aktif pada pembelajaran sehingga terjadi proses belajar (learning), dan bukan mengajar (teaching). Untuk itu perlu adanya pendekatan kepada siswa, variasi maupun modifikasi dalam pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan motivasi terhadap kemauan untuk belajar khususnya pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Wilayah Garum Kabupaten Blitar merupakan daerah pegunungan dan persawahan, di daerah ini banyak sekali  terdapat tanaman padi. Di Kabupaten Blitar banyak ditemui tanaman padi kering atau disebut sebagai jerami yang sifatnya mudah lunak, lentur, dan murah memungkinkan untuk membuat media pembelajaran dari jerami ini, oleh karena itu peneliti merasa perlu membuat suatu model pembelajaran lompat jauh dengan memanfaatkan bahan yang mudah didapatkan dari daerah Garum yaitu dengan menggunakan jerami agar pembelajaran dapat berjalan baik, efektif dan menyenangkan agar tujuan pendidikan jasmani dapat tercapai.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall, yang dimodifikasi menjadi 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment) dengan angket yang ditujukan kepada 30 siswa dan 2 guru pendidikan jasmani, serta observasi sekolah, 2) pengembangan rancangan produk, 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, 1 ahli media pendidikan jasmani, yang menghasilkan berupa produk awal, 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil, 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil, 6) uji coba lapangan, 7) revisi dari hasil uji coba lapangan menjadi produk akhir berupa media pendaratan pada pembelajaran lompat jauh.

Berdasarkan hasil analisa ahli pembelajaran 77,9% menyatakan baik dan klarifikasi persentase antara  60 – 79 % tergolong dalam kriteria cukup valid, ahli media 78,3 %menyatakan baik dan klarifikasi persentase antara  60 – 79 % tergolong dalam kriteria cukup valid dan hasil uji lapangan pada siswa kelas V di SDN Karangrejo 4 Garum Blitar, 90% menyatakan baik dan klarifikasi persentase antara  80 – 100 % tergolong dalam kriteria valid. Produk pengembangan berupa  media pendaratan menggunakan matras jerami: 1) produk pertama yang menggunakan gambar subyek penelitian, 2) produk ini telah melalui tinjauan ahli, 3) produk ini dapat digunakan siswa dan guru pendidikan jasmani sebagai media pembelajaran. Produk pengembangan berupa media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan,  diharapkan dapat dijadikan media oleh guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dalam memberikan materi, serta diharapkan dapat diterapkankan di sekolah lain.