SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Tembak Jaring dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang

Amjad Elfarabi

Abstrak


ABSTRAK

 

Elfarabi, Amjad. 2012. Pengembangan Permainan Tembak Jaring dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Jasmani dan kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim, M. Pd, (II) Drs. Heru Widijoto, M. S.

 

Kata kunci : pengembangan, permainan, tembak jaring, pembelajaran,pendidikan jasmani

Bermain merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar, suka rela  tanpa paksaan dan tak sungguhan dalam batas waktu, tempat dan ikatan peraturan.  Sedangkan permainan adalah bagian dari bermain, tetapi permainan yang sudah dibatasi oleh peraturan yang sengaja dikembangkan untuk ditaati agar permainan itu dapat berlangsung secara lancar, aman dan adil. Permainan tembak jaring adalah penyederhanaan dari permainan bolabasket. Penyederhanaan yang dimaksud yaitu: penyederhanaan lapangan permainan, sasaran tembak, waktu permainan dan peraturan permainan.

Tujuan yang ingin dicapai dari pengembangan permainan ini adalah untuk mengembangkan permainan (game) bolabasket dengan peraturan sederhana untuk siswa kelas XSMA Negeri 7 Malang. Permainan ini diberi nama permainan tembak jaring. Dengan adanya pengembangan permainan tembak jaring ini diharapkan dapat memberikan kegembiraan dan meningkatkan aktivitas gerak siswa melalui permainan ini, sehingga tujuan pendidikan jasmani dapat tercapai.

Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg & Gall. Adapun prosedur pengembangan permainan tembak jaring ini adalahi: 1) melakukan penelitian dan pengumpulan informasi, 2) melakukan perencanaan, selanjutnya dievaluasi oleh para ahli, 3) mengembangkan bentuk produk awal, 4) melakukan uji coba kelompok kecil dengan 10 subjek, 5) Melakukan revisi terhadap produk awal, 6) melakukan uji lapangan (kelompok besar) dengan 40 subjek, 7) melakukan revisi produk. Intrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase.

Hasil pengembangan ini adalah permainan tembak jaring yang merupakan penyederhanaan dari permainan bolabasket. Hasil penyederhanaannya yaitu: (1) lapangan permainan yang digunakan adalah setengah lapangan permainan bolabasket, (2) sasaran tembak yang digunakan adalah jaring yang diberi bingkai kotak berukuran 48 x 60 cm dengan ketinggian sasaran 305 cm, (3) waktu permainan yang digunakan adalah 2 x 10 menit, (4) Peraturan permainan menggunakan peraturan yang sederhana agar siswa mudah memainkan permainan ini.