SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI TENTANG SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA PRESTASI CABANG OLAHRAGA ATLETIK, TAEKWONDO, PANAHAN KABUPATEN PONOROGO

Romelah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Romelah . 2012. Studi tentang Sarana dan Prasarana Olahraga Prestasi Cabang Olahraga Atletik, Taekwondo, Panahan, Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Gatot Subiyantoro, M.Kes (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci: sarana, prasarana, pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi.

Untuk menunjang pola pembinaan dan pengembangan olahraga yang terdiri dari unsur pemassalan, pembibitan dan pembinaan atau peningkatan prestasi, maka dituntut adanya sarana dan prasarana olahraga yang memadai. Berkaitan dengan hal tersebut, maka masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah berapa jumlah sarana dan prasarana olahraga atletik, olahraga taekwondo, dan olahraga panahan yang ada di Kabupaten Ponorogo, untuk pembinaan dan pengembangan prestasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah sarana dan prasarana olahraga dan bagaimana tingkat prestasi dengan keadaan sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Ponorogo, untuk pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional (pengamatan), sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.  Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Ponorogo, dengan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mengisi lembar angket oleh pengurus cabang/pelatih cabang atletik, taekwondo, panahan (pengamatan dan catatan lapangan), dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar angket,wawancara dan pengamatan langsung lapangan. Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang jumlah sarana dan prasarana olahraga prestasi yang memadai untuk menunjang pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Kabupaten Ponorogo.

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) sarana olahraga atletik yang ada di Kabupaten Ponorogo yang tersedia sebanyak 67 sarana, sedang untuk prasarana olahraga atletik yang ada di kabupaten Ponorogo yang tersedia sebanyak 11 prasarana. (2) sarana olahraga taekwondo yang ada di Kabupaten Ponorogo yang tersedia sebanyak 82 sarana, sedangkan untuk prasarana olahraga taekwondo yang ada di Kabupaten ponorogo yang tersedia sebanyak 1 prasarana/lapangan. (3) sarana olahraga panahan yang ada di Kabupaten Ponorogo yang tersedia di Kabupaten Ponorogo yang tersedia sebanyak 82 sarana, sedangkan untuk prasarana olahraga panahan di Kabupaten Ponorogo sementara belum tersedia prasarana/lapangan panahan.

Disarankan agar dilakukan penyempurnaan terhadap sarana dan prasarana olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan standar olahraga prestasi. Pengadaan sarana dan pembangunan prasarana olahraga oleh Pemerintah Kabupaten setempat yang berkoordinasi dengan pihak swasta merupakan salah satu jalan keluar atau solusi, guna meningkatkan program pembinaan dan pengembangan olahraga.