SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Peraturan Permainan dan Perwasitan Bolavoli menggunakan Electronic Book untuk Mahasiswa PJK Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Hudan Ulin Nuha

Abstrak


ABSTRAK

 

Nuha, Hudan Ulin. 2012. Pengembangan Pembelajaran Peraturan Permainan dan Perwasitan Bolavoli menggunakan Electronic Book untuk Mahasiswa PJK Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S,  (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci : Pembelajaran, peraturan permainan, perwasitan, Electronic Book.

Pendidikan merupakan usaha penyiapan peserta didik menghadapi lingkungan hidup yang mengalami perubahan yang semakin pesat. Pendidikan juga merupakan kiat dalam menerapkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bagi pembentukan manusia seutuhnya (Pedoman Pendidikan UM, 2009:22). Oleh sebab itu maka perlu adanya pemanfaatan teknologi melalui pemilihan media pembelajaran yang tepat, karena media pembelajaran yang menarik, akan merangsang minat, perhatian, pemikiran dan pemahaman seseorang terhadap informasi yang disajikan. Pembelajaran peraturan permainan dan perwasitan yang ada pada matakuliah Teori dan Praktek Bolavoli 2 di Jurusan PJK FIK UM ini juga memerlukan adanya pemilihan media yang tepat agar materi pembelajaran dan sistem penyampaiannya dapat berkembang, sehingga dapat tersampaikan seutuhnya kepada mahasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian awal pada tanggal 21 September 2011 melalui pengisian angket yang tersebar kepada 30 mahasiswa angkatan 2008 Jurusan PJK FIK UM yang diambil secara acak, diperoleh data 19 mahasiswa (63%) menyatakan bahwa media yang digunakan dalam perkuliahan Teori & Praktek Bolavoli 2 yang meliputi whiteboard, buku ajar cetak, orang, dan OHP (overhead projector) belum memberi kemudahan dalam memahami konsep tentang peraturan permainan dan perwasitan, 11 mahasiswa (37%) menyatakan bahwa media yang digunakan belum memberi kemudahan dalam menerapkan peraturan permainan dan mempraktekkan perwasitan dan semua mahasiswa (100%) menyatakan setuju bila dikembangkan pembelajaran peraturan permainan dan perwasitan bolavoli menggunakan Electronic Book.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran peraturan permainan dan perwasitan bolavoli menggunakan Electronic Book untuk mahasiswa PJK Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Penelitian & pengembangan ini mengacu pada model penelitian pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah dan menurut Ardhana (2002:9) “prosedur pelaksanaan penelitian pengembangan bukan merupakan langkah-langkah yang baku yang harus diikuti secara kaku, setiap pengembang tentu saja dapat memilih dan menentukan langkah-langkah yang paling tepat bagi dirinya berdasarkan kondisi khusus yang dihadapinya dalam proses pengembangan. Ia juga dapat melakukan modifikasi dari langkah-langkah tersebut berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang terbaik”. Penelitian ini hanya menggunakan 7 langkah, karena penelitian ini hanya dilakukan dalam satu tempat saja yaitu di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK UM dengan subjek yang digunakan berjumlah 66 mahasiswa dari 240 mahasiswa. Ketujuh langkah tersebut terdiri dari: (1) penelitian awal (analisis kebutuhan), (2) pembuatan rancangan produk, (3) mengembangkan produk awal, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, (7) poduk akhir.

Data penelitian yang berupa saran atau masukan hasil evaluasi para ahli terhadap rancangan produk pembelajaran peraturan permainan dan perwasitan bolavoli menggunakan Electronic Book yang terdiri dari 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, 1 ahli bolavoli dan ahli media dijadikan sebagai dasar dalam melakukan revisi produk yang akan dikembangkan sebelum menjadi produk awal. Data dari uji coba kelompok kecil yang diperoleh melalui pengisian angket menunjukkan hasil rata-rata persentase sebesar 100% dengan kategori “baik”, dan  data dari uji coba kelompok besar yang diperoleh melalui pengisian angket juga menunjukkan hasil rata-rata persentase sebesar 100% dengan kategori “baik”.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, mahasiswa lebih tertarik untuk menggunakan Electronic Book karena materi tentang Peraturan Permainan dan Perwasitan Bolavoli berisikan teks, gambar, animasi dan video yang diiringi oleh musik, sehingga dapat menarik minat dan perhatian mahasiswa untuk belajar. Produk ini juga dapat digandakan dan dioperasikan dengan mudah, sehingga mahasiswa dapat menggunakannya ketika proses perkuliahan maupun di luar jam perkuliahan.

Kedua, produk pembelajaran Peraturan Permainan dan Perwasitan Bolavoli menggunakan Electronic Book ini dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang layak digunakan pada matakuliah Teori & Praktek Bolavoli 2 di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK UM untuk dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun dosen pembina matakuliah.Ketiga, penerapan dan pelaksanaan pada produk Pembelajaran Peraturan Permainan dan Perwasitan Bolavoli menggunakan Electronic Book ini perlu memperhatikan sarana yang digunakan seperti komputer/laptop, sound/audio, LCD serta peralatan elektronik lain yang mendukung jalannya pengoperasian produk sehingga dapat ditayangkan dengan baik dan jelas.